Setengah Triliun Untuk Pembangunan Infrasturktur Madura

617 views

Pembangunan Infrasturktur | oleh Kasiono

Setengah Triliun Untuk Pembangunan Infrasturktur Madura

Maduracorner.com, Bangkalan-Pada tahun depan (2013) jalan – jalan lintas Madura akan ditingkatkan. Bukan itu saja, juga untuk pengairan di Madura. Tidak tanggung-tanggung dana yang akan dikucurkan. Yakni mencapai setengah triliun lebih. “Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) yang memfasilitasi dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU), untuk Madura sebesar Rp 570 miliar pada 2013,” kata Kepala Bapel BPWS, Mohammad Irian, Jumat (30/11/2013) sore.

Dia merinci anggaran yang sangat besar itu. Untuk jalan – jalan lintas Madura sebesar Rp 230 miliar, dan Rp 340 untuk peningkatan sumber daya air Madura. Pada tahun depan dana perbaikan jalan dan perbaikan jalan di Madura meningkat signifikan. Ini bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada waktu itu anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan di Madura, hanya Rp sekitar Rp 70 miliar.

“Dana tersebut hanya cukup dipakai untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan nasional di lintas tengah Madura saja. Akibatnya jalan lintas utara dan selatan Madura tak pernah tersentuh,” ujar Irian.

Dikatakan peran fasilitasi BPWS berhasil meningkatkan pendanaan untuk lintas tengah sebesar Rp 105 miliar. Lintas Utara yang sebelumnya tak pernah mendapatkan alokasi dana, pada 2013 mendatang akan digelontor dana Rp 50 miliar.

Demikian pula jalur Selatan yang tidak pennah tersentuh sebelumnya, tahun depan akan mendapatkan alokasi tiga kali lipat dari sebelumnya. “Kami telah mengusulkan kepa Kementerian PU, agar menarik persepatan investasi swasta di Madura. Setidaknya perlu percepatan peningkatan pelayanan infrasktur jalan. Syukurlah apa apa yang kami samapikan mendapatkan perhatian dan didanai,” katanya.(Ion).

Email Autoresponder indonesia