Siaga Banjir, Warga Blega Akan Segera Bersihkan Sungai Blega Sepanjang 7 Km

image

Sungai Blega akan dibersihkan

Bangkalan,maduracorner.com – Ratusan warga Desa Blega akan melakukan kerja bakti massal bersih-bersih sungai sepanjang 7 km. Hal ini sebagai upaya siaga banjir tahunan yang sering menimpa mereka.

Kerja bakti ini dikhususkan untuk membersihkan atau mengangkat tumpukan sampah. Kotornya aliran sungai terlihat di Kampung Laok Songai, Pelanggeren Temor, Mor Laok dan Kampung Songai Karang Kemasan. “Banyak sampah rumah tangga di sepanjang aliran sungai di kampung-kampung itu. Makanya kita harus segera membersihkan”,ujar salah seorang warga setempat, Imam kepada maduracorner.com, Jum’at (27/2/2015) siang.

Camat Blega Zainul Qomar membenarkan rencana warganya tersebut. Menurut Zainul, kerja bakti massal akan diikuti ratusan warga yang mendiami 7 kampung di yang berada di aliran 2 sungai desa Blega. Diharapkan, sampah atau kotoran rumah tangga bisa segera dibersihkan dari aliran sungai yang sangat rawan meluap saat musim penghujan ini.

“Berdasarkan hasil rapat antara Muspika Blega, tokoh masyarakat dan  ulama, kita memang akan menggelar kerja bhakti massal”,terang Zainul. “Agenda bersih-bersih ini juga kami jadikan ajang sosialisasi pada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan di sepanjang aliran sungai”,tambah mantan Camat Labang tersebut.

“Kalau sungainya bersih, warga sekitar juga yang senang dan nyaman. Setidaknya bisa meminimalisir ancaman banjir”,pungkasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad

Email Autoresponder indonesia