Sidak ke Dinkes, Komisi D Pastikan kesiapan Stok Perlengkapan Alat Kesehatan

Bangkalan, maduracorner.com – Untuk mengetahui kesiapan tanggap dan mencegah mewabahnya virus Corana atau Covid-19, Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkakan, Senin (13/4/2020).

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan Nur Hasan mengatakan, bahwa kedatangannya ke Dinkes merupakan sidak masalah persiapan stok perlengkapan alat kesehatan penanggulangan Covid-19.

“Kami bersama Pimpinan dan anggota Komisi D hanya untuk memastikan Stok perlengkapan kesehatan aman serta distribusi ke bawah berjalan lancar,”ungkap Politisi Partai berlambang ka’bah itu.

Menurutnya, kesiapan logistik penanganan Covid-19 sebagian besar sudah didistribusikan kebeberapa Puskesmas yang berada di Kabupaten Bangkalan

“Logistik penangan Covid-19 sudah siap, ada 22 Puskesmas yang sudah didistribusikan,” tuturnya.

Ia berharap, wabah Virus Corona ini segera usai dalam waktu dekat. Pasalnya, banyak dampak yang dirasakan terutama masyarakat yang sehari-hari menggantungkan hidup pada pendapatan harian.

“Kami sangat berharap, mudah-mudahan dalam satu atau dua bulan kedepan ini Virus Corona sudah aman dan tidak ada yang terpapar lagi,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Sudiyo menuturkan, untuk pelaksanaan Covid-19 ini ada beberapa barang yang sudah ready, dan ada beberapa barang yang masih dalam Surat Pesanan (SP) sampai saat ini belum kunjung tiba.

“Sampai saat ini kita terus proses untuk pengadaanya Stok barang penanggulangan Covid-19 “,tuturnya.

Ia menambahkan, Fasilitas Kesehatan (faskes) tersebut untuk kebutuhan medis di 22 Puskesmas di Bangkalan. Bahkan barang yang sudah datang langsung di distribusikan ke puskesmas.

“Untuk stok yang ada ini memang kita fokus ke faskes. Untuk komunitas masyarakat dan masyarakat kami ajukan anggaran lain ke gugus tugas sebanyak Rp 17 milyar, tapi kita lihat posturnya terlebih dahulu”, ujarnya

Ia juga mengimbau agar masyarakat tak perlu panik dan memeriksakan ke puskesmas atau rumah sakit ketika mengalami gejala, sebab pihaknya telah menerapkan protokol penanganan penyebaran covid di seluruh puskesmas.

“Disinfektan, handsanitizer, masker, APD, Rapid tes, termo gun dan alat semprot sudah ada dan kami bagikan ke puskesmas, nanti kalau stok puskesmas menipis bisa mengajukan permintaan barang ke kami,” katanya.(ris)

Email Autoresponder indonesia