Simulasi, Warga Bangkalan dan Polisi Terlibat Bentrokan

1154 views

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Polres Bangkalan menggelar latihan pra Operasi Mantap Praja Semeru 2018 dan peragaan Sispam Kota dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018 di lapangan Alun-Alun Bangkalan, Kamis (1/2/2018).

Kegiatan latihan yang melibatkan 400 personel gabungan Polres dan Kodim 0829/ Bangkalan, serta 150 pasukan Brimob Polda Jawa Timur tersebut, difokuskan pada penanganan massa yang bertindak anarkis.

Skenario kericuhan dimulai dengan ratusan massa yang melakukan aksi demonstrasi di depan kantor KPU. Mereka yang tidak puas karena jagoannya kalah di Pilkada, menuntut adanya pemilihan ulang, karena terindikasi ada kecurangan.

Massa yang sudah tidak terkontrol itu, mulai membakar ban bekas dan mengamuk dengan melempari petugas. Bahkan, mereka juga terlibat bentrok melawan petugas yang melakukan pengamanan.

Ratusan personel yang dikerahkan berupaya menenangkan massa, tapi tidak berhasil. Justru sebaliknya, mereka tanpa rasa takut semakin bertindak brutal dan agresif dalam menghadapi pasukan pengamanan.

Situasi yang sudah tidak terkendali memaksa petugas mengambil tindakan tegas. Petugas memukul mundur dan membubarkan massa dengan cara menembakan gas air mata dan water canon. Merasa terdesak, massa akhirnya membubarkan diri.

Kapolres Bangkalan, AKBP Anisullah M Ridha menyampaikan simulasi tersebut digelar, sebagai bentuk antisipasi kericuhan saat Pilkada 27 Juni 2018 mendatang. Namun, bukan berarti mengharapkan kericuhan itu benar-benar terjadi.

“Kami selalu mempersiapkan untuk menghadapi segala situasi. Minimal, jika terjadi kericuhan personel sudah siap menghadapi,” jelasnya.

Anissullah mengaku, selalu memantau situasi setiap daerah untuk mendeteksi tingkat kerawanan. Sebab, kondisi di masing-masing wilyah menunjukan perkembangan dinamis. Sehingga, belum bisa ditetapkan daerah mana saja yang masuk kategori zona merah.

“Kami harap proses pilkada juga berjalan dengan aman dan lancar, paslon juga ikut menjaga situasi agar aman dan kondusif,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia