Siswa dan Wali Murid Demo Kepsek SDN di Sumenep

341 views

Sumenep, maduracorner.com.-Puluhan siswa dan wali murid berunjuk rasa di depan sekolah SDN Banuaju Barat 1 kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (16/7/2018).

Dalam aksi ini, siswa dan wali murid membawa poster berisi kecaman kepada Kepala Sekolah SDN Banuaju Barat 1, Nurdi, bahwa” Tak rela sekolah jadi kuburan dan tempat gembala,” karena dianggap tidak respek terhadap pengembangan sekolah serta kualitas anak didik yang bersekolah di tempat ini.

Menurut wali siswa, sejauh ini Kepala Sekolah SDN Banuaju Barat 1 ini kurang bermasyarakat, sehingga terkesan ada jarak. Membuat warga kurang tertarik menyekolahkan anak didiknya ke sekolah ini.
“Bila ada guru sukwan, Kepala Sekolah tidak ngajar hanya di kantornya tidak bermasyarakat,” Kata salah seorang Wali siswa, Nuraini , Senin (16/7/2018).

Bahkan kata Nuraini, pihak sekolah tidak menyediakan seragam dan fasilitas lainnya yang memadai. “Kami minta Kepala sekolah mundur saja, kalau sekolah tetap seperti ini anak kami akan dipindahkan ke sekolah lain” pintanya.

Sementara Kepala Sekolah SDN Banuaju Barat 1, Nurdi mengaku protes wali siswa merupakan sebuah penyampaian aspirasi, akan tetapi pihaknya tidak serta merta akan mengakomodir karena sekolah memiliki mekanisme dan aturan yang harus dijalankan.
“Saya akui tidak berkomunikasi denga para wali siswa, berhubung mereka rata-rata para kaum ibu-ibu, jadi saya merasa enggan, ” dalihnya.

Nurdi, mengakui siswa terus merosot dari awalnya sebanyak 30 siswa sekarang hanya 19 siswa. Karena banyak yang sekolah di lembaga swasta di daerah ini.
“Kemerosotan siswa sudah terjadi sebelum saya masuk di sekolah ini,” katanya.

Dijelaskan, saat ini semua guru yang ada sebanyak 8 orang, yakni 3 guru PNS ,5 guru sukwan,” Ini juga jadi problem salah satu guru PNS sudah mau pensiun sedangkan yang guru sukwan nasibnya memprihatinkan,” pungkasnya.(Sai)