Siswa SD Paseseh 1 Juara III Lomba Membatik Se-Jatim

701 views

 

kasek Abd Rokib. foto : aryan/mc.com

kasek Abd Rokib. foto : aryan/mc.com

Lomba Membatik Se-Jatim | Oleh :Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Sofiyatul Makrumah, siswa kelas V SDN Paseseh 1 Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi meraih juara III pada lomba membatik tingkat. SD se-Jatim. Pada lomba yang digelar di Jalan Jagir Wonokromo Surabaya serta diikuti 38 kabupaten di Jatim itu, Sofiyatul mempertahankan teknik membatik tradisional.

“Juara I diraih utusan dari Kabupaten Banyuwangi, juara II, wakil dari Kabupaten Madiun dan juara III duta Kabupaten Bangkalan Sofiyatul Makrumah,” ujar Kasek SDN Paseseh 1 Tanjung Bumi, Abd. Rokib.

Rokib kemudian mengulas penyebab duta Bangkalan belum mampu meraih juara I tahun ini. Salah satunya karena dewan juri lebih menghendaki teknik membatik modern dengan bantuan komputer. Sedangkan Sofiyatul Makrumah tetap dengan gaya membatik tradisionalnya yang telah diwarisi secara turun temurun oleh para pendahulunya di Kecamatan Tanjung Bumi.

“Sampai kapanpun kami tidak akan pernah mengubah gaya tradisional batik model Tanjung Bumi tersebut. Karena justru dengan teknik tradisional itu nama batik Tanjung Bumi tidak hanya dikenal di Madura dan Indonesia saja. Tetapi sudah sampai ke manca negara,” tutur Abd.Rokib yang juga didukung oleh Kepala UPT Disdik Tanjung Bumi, M.Said. “Walaupun begitu kami tetap merasa bangga. Dan teknik membatik tradisional ala Tanjung Bumi ini sampai kapanpun akan tetap dipertahankan oleh generasi penerusnya,” pungkas Said.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia