Siswa SMPN 2 Bangkalan, Manfaatkan Sampah Jadi Pupuk

908 views

pupuk Kompos | Oleh : Arie

siswa SMPN-2 Bangkalan saat membuat kompos. foto : A.Shohib.MC.com.

siswa SMPN-2 Bangkalan saat membuat kompos. foto : A.Shohib.MC.com.

Maduracorner.com,Bangkalan– banyak sampah dilingkungan sekolah memunculkan ide kreatif siswa SMPN-2 Bangkalan. Sampah  yang tidak bermanfaat itu menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomi dengan menjadi pupuk kompos untuk  pupuk bungan dan tanaman dilingkungan sekolah agar supaya subur.

Berkat ide kreatif siswa itu, untuk memupuk bunga dan tanaman, siswa SMPN-2 Bangkalan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk. Dan langkah  yang dilakukan para siswa  SMPN-2 Bangkalan ini bisa ditiru.

Untuk membuat pupuk kompos ini, para siswa mengumpulkan sampah basah maupun sampah kering yang berserakan di sekitar kantin, maupun di taman bunga. setelah sampah terkumpul, sampah-sampah itu kemudian di potong kecil-kecil agar cepat terurai. Langkah selanjutnya adalah mencampur sampah tersebut dengan tanah yang gembur lalu disiram air, kemudian dimasukkan kedalam tempat komposter yang terbuat dari drum plastic, lalu dibiarkan selama satu minggu. “Sampah-sampah yang sudah dicampur dengan tanah ini kita biarkan beberapa waktu lamanya,” kata Siswa SMPN-2 Bangkalan Sri wahyuni.

Sementara itu, Kepala SMPN-2 Bangkalan, Edy Hariyadi menjelaskan, pembuatan pupuk dari sampah itu untuk mendidik anak didiknya mencintai lingkungan sejak dini. “Kita mengajarkan siswa sejak dini agar mencintai lingkungan, selian itu lingkungan sekolah menjadi bersih, sehat dengan memanfaatkan sampah menjadi kompos,” jelas Edy Hariyadi. (rie/min)