SMAN-1 Kwanyar Beri Pendidikan Demokrasi Kepada Siswa Dengan Pilkasis

Pilkasis SMAN-1 Kwanyar    | Oleh : A.Shohib.

 

siswa SMAN-1 Kwanyar saat menyalurkan aspirasinya dalam Pilkasis-Foto : A.Shohib/MC.com

siswa SMAN-1 Kwanyar saat menyalurkan aspirasinya dalam Pilkasis-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– untuk memberikan pendidikan Demokrsai kepada siswa, SMKN-1 Kwanyar menggelar Pemilihan Ketua Osis (Pilkasis). Pilkasis tersebut dilaksanakan layaknya pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan oleh KPU. “Pilkasis ini sebagai bentuk pembelajaran berdemokrasi kepada siswa,” kata Kepala Sekolah SMAN-1 Kwanyar, Abd Syakur mellaui Wakasek kesiswaan, Mutmainnah, Sabtu (7/9).

Dijelaskan Mutmainnah, pelaksanaan Pilkasis SMAN-1 Kwanyar ini dimulai  pelaksanaan kampanye calon Kandidat yang maju dalam Pilkasis pada hari Kamis (5/9). “Hari Kamis kandidat yang akan maju dalam Pilkasis melakukan kampanye kepada para siswa yang nanti menjadi calon pemilih di sekolah ini,”  jelas Mutmainnah.

Dalam Pilkasis tahun ini kata Mutmainnha, ada dua Kandidat calon yang akan memperbutkan Ketua Osis, mereka adalah Musdalifah dan dua wakilnya, Reza dan Dani Hermawan, sedangkan kandidat kedua adalah Anisa Vidinia dengan wakil Robiatul Adawiyah dan  Rudi Irvan. “Untuk Kandidat Ketua Osis siswa kelas XI sedangkan  wakilnya siswa dari  kelas X. ini kami lakukan sebagai bentuk pengkaderan,” kata Mutmainnah.

Setelah dua hari melakukan kampanye, imbuh Mutmainnah, para kandidat menyampaikan visi misi dan debat terbuka, kemudian dilangsungkan dengan pemungutan suara. “Ya hari ini adalah pemungutan suara, dan 600 siswa yang akan memilih Dua kandidat Ketua osis itu, dalam meramaikan pelaksanaan Pilkasis ini kita juga adakan lomba dinding berbicara,” pungkasnya. (min)

Email Autoresponder indonesia