SMAN-1 Tanjung Bumi, Cetak Siswanya Jadi Pemimpin Bangsa

574 views

Mendidik jadi Pemimpin | Oleh: Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Salah satu kiat yang tengah digalakan dan menjadi program unggulan khususnya untuk pelajaran ekstrakurikuler bagi SMAN 1 Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi, beberapa tahun belakangan ini. Adalah mendidik para siswanya menjadi calon pemimpin bangsa sejak usia remaja. “Dalam pelajaran ektrakurikuler ini, pelajarannya. Lebih banyak ke masalah leadership,” kata Kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Bumi, Abdul Rozak usai memberi arahan pada acara diskusi Wawasan Kebangsaan yang dihadiri perwakilan masing-masing kelas dan seluruh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (0SIS) SMAN 1 Tanjung Bumi, Sabtu (16/02).

Menurut dia, dalam diskusi ini sekollah memberikan waktu dan kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa untuk saling berinteraksi melalui diskusi serta debat yang terarah, pemikiran, untuk menyamakan persepsi atas perbedaan yang muncul. “Dengan Diskusi semacam ini, saya harapkan, nantinya akan lahir calon-calon pemimpin masa depan dari sekolah ini,” terangnya.

Dijelaskan Rozak, diskusi ini dilakukan dalam 2 minggu sekali tanpa harus mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikelas. Sehingga para siswa sangat bergairah mengikuti kegiatan tersebut. Disisi lain, dari ajang diskusi ini para guru bisa memantau mana siswa yang berbakat dan mempunyai bibit unggul dalam menentukan masa depan mereka setelah lulus dari sekolah ini. “Hasilnya, bisa dilihat dari temu kangen dan reuni mantan siswa SMAN Tanjung Bumi yang digelar setiap tahun sekali. Banyak yang sudah lulus AKademi MIliter nasional (AMN), STPDN, dan jadi Wakil Rakyat,” pungkas Rozak. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia