SMAN 3 Bangkalan Duta Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

1220 views

Tim Verifikator dari Kementerian Lingkungan hidup RI | Oleh : Nizamuddin

 

tim verifikator dari kementerian lingkungan hidup RI saat berada di SMAN-3 Bangkalan-foto : Nizamuddin/MC.com

tim verifikator dari kementerian lingkungan hidup RI saat berada di SMAN-3 Bangkalan-foto : Nizamuddin/MC.com

Maduracorner.com-Bangkalan– Setelah menjuarai Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jatim, kini Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangkalan menjadi Duta  lomba serupa tingkat Nasional,  menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan, Hasanuddin Bukhori,  lomba Sekolah Adiwiyata ini sebagai upaya pihak sekolah untuk memantapkan kepedulian terhadap lingkungan dan wawasan global. “Program penilaian Sekolah Adiwiyata merupakan program kegiatan peningkatan edukasi dan komunikasi masyarakat di bidang lingkungan,” jelas Hasanuddin Bukhori.

Dijelaskan dia, sekolah Adiwiyata ini pada prinsipnya menyangkut kepedulian pihak sekolah terhadap masalah lingkungan dan wawasan terhadap kepentingan global.

Dia  mengharapkan program tersebut mampu menciptakan situasi yang baik di sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran terhadap lingkungan, baik terhadap siswa maupun guru. “Dengan demikian di kemudian hari Siwa dan guru disekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Lebih lanjut Hasanuddin Bukhoro menjelaskan, standar penilaian antara lain menyangkut penerapan oleh sekolah terhadap kebijakan wawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan. (nzm/shb)

 

Email Autoresponder indonesia