SMKN 2 Bangkalan Miliki Jurusan Terbanyak

7478 views
Suasana ruang praktikum SMKN 2 Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

Suasana ruang praktikum SMKN 2 Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

10 Program Keahlian | Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – SMKN 2 Bangkalan memiliki paling banyak kejuruan di bandingkan dengan SMK lain di kabupaten Bangkalan. Saat ini SMKN yang terletak di Jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan (ringroad) ini 10 jurusan. Pada umumnya, SMK yang ada hanya memiliki 3 hingga 6 jurusan saja.

Karena paling banyak memiliki jurusan itulah, seringkali SMKN-2 dijadikan sebagai sekolah rujukan bagi SMK lain di kabupaten Bangkalan. “Sekolah kami memang kerap dijadikan rujukan. Karena disamping memiliki program keahlian terbanyak kami juga mempunyai ruang praktikum tehnik terbesar di Bangkalan,” terang Kepala Sekolah SMKN 2 Bangkalan, Dwijo Lelono, Senin, (3/3).

Adapun 10 program keahlian (jurusan) itu, kata Dwijo terdiri dari: 1. tehnik komputer dan jaringan (TKJ), 2. tehnik elektro industri (TEI), 3. rekayasa perangkat lunak (RPL), 4. tehnik sepeda motor (TSM), 5.tenik kendaraan ringan (TKR), 6. Tehnik Pemesinan (TPm), 7. tehnik kimia industri (TKI), 8. tehnik instalasi tenaga listrik (TITL), 9. tehnik audio vidio (TAV) dan 10. “Untuk anak-anak yang tinggal di kecamatan biasanya yang menjadi favorit adalah jurusan TKJ, RPL, TSM dan TKR. Sebab begitu mereka (siswa) lulus dan ingin bekerja atau tidak berniat melanjutkan sekolahnya lagi, bisa mendirikan atau bekerja di internet, bengkel sepeda motor dan mobil,” ungkapnya.

Dikatakan Dwijo, Soal ruang praktikum siswa yang luas, besar dan menyediakan bermacam alat praktikum SMKN 2 Bangkalan itu, tidak hanya diawasi oleh para guru pembimbing saja. Tetapi beberapa pihak swasta yang mempunyai lisensi selain diajak bekerjasama juga ikut dilibatkan dan mengawasi secara ketat praktikum siswa. Agar lulusannya nanti benar – benar bisa dipertanggung jawabkan, bermutu dan jika mencari pekerjaan gampang diterima karena telah mempunyai keahlian sesuai pilihan jurusan masing-masing.

Contohnya seperti gelar ujian kompetensi yang tengah berlangsung dan diikuti ratusan siswa kelas tiga pada hari ini. Pihak swasta yang sudah berlisensi dan mendapat julukan asesor atau tim penguji serta diajak bekerja sama lewat MoU, juga ikut mengawasi dan menguji skil siswa diruang praktikum sesuai jurusan masing – masing.

“Roh dan interpreuner SMK 2 Bangkalan itu adalah menjalin kerjasama dengan pihak swasta yang sudah berlisensi. Sehingga nantinya bisa menghasilkan lulusan siwa yang siap kerja, menciptakan lapangan kerja sendiri (mandiri) atau melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi,” pungkas mantan kasek SMKN 1 Arosbaya tersebut. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia