SMKN 2 Bangkalan Satu-Satunya Sekolah PPDB Dengan Sistem Online

2183 views
Suasana PPDB Online-foto: Aryan/MC.com

Suasana PPDB Online-foto: Aryan/MC.com

Sistem Online Sudah 2 Tahun | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan– SMKN 2 Bangkalan satu – satunya sekolah dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tahun ajaran (TA) 2014/ 2015 di Kabupaten Bangkalan yang menggunakan sistim online. “PPDB SMKN 2 Bangkalan sudah menggunakan sistim on line sejak 2 tahun silam,” ujar kasek SMKN 2 Bangkalan,Dwijo Lelono, Kamis,(3/7).

Dikatakan Dwijo, Sistim test hingga diterima sebagai siswa baru di SMKN 2 Bangkalan, calon siswa juga harus melalui beberapa mekanisme, seperti test kesehatan meliputi tindik, tato dan buta warna, interview dan test online. “Jika pada waktu test kesehatan, dibadan siswa ditemui ada tindik telinga, atau tato di badan dan buta warna, langsung dinyatakan tidak lulus test dan untuk menentukan siswa yang cocok dengan jurusannya siswa harus melewati test online,” terangnya.
Lebih lanjut Dwijo Lelono menjelaskan, SMKN 2 Bangkalan saat ini menyedia kan 10 jurusan atau kompetensi keahlian diantaranya teknik komputer jaringan (TKJ), teknik permesinan (TP), teknik instalasi tenaga listrik (TITL), teknik elektronika industri (TEI), teknik kimia industri (TKI), teknik gambar bangunan (TGB), teknik sepeda motor (TSM), teknik kendaraan ringan (TKR), teknik audio video (tav) dan teknik rekayasa perangkat lunak (TRPL).

“Masalah minat jurusan siswa akan diketahui ketika test online. Kadang dari hasil test tersebut jurusan yang diinginkan siswa tidak sesuai dengan hasil test online. Nah itu yang dibicarakan dengan siswa, apakah mau ikut hasil test on line atau sesuai keinginan siswa, semuanya diserahkan kepada siswa yang bersangkutan. Masalah diterima atau tidak sebagai siswa baru di SMKN 2 Bangkalan, tinggal klik di webbsite aja, karena sekolah kami dalam PPDB ini sudah menggunakan sistim online,” paparnya.

Sementara itu, quota dari Disdik untuk SMKN 2 Bangkalan pada tahun ajaran 2014/ 2015 berjumlah 576 siswa. Rinciannya terdiri dari 16 rombongan belajar (rombel), 1 rombel terdiri dari 36 siswa. “Penerimaan siswa lewat Jalur prestasi sebanyak 3 rombel dengan jumlah siswa 100 orang. Sedangkan yang lewat jalur reguler 7 rombel dengan jumlah siswa baru sebanyak 476 orang,” pungkasnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia