SMPN 1 Galis Terapkan Sanksi Tegas Bagi Siswa Rambut Gondrong, Kuncir dan Model Punk

image

sanksi potong rambut siswa SMP

Bangkalan, maduracorner.com – SMP Negeri 1 Galis Kabupaten Bangkalan memberlakukan sanksi tegas terhadap siswa dengan model berambut tak selayaknya. Yakni rambut gondrong, kuncir maupun rambut model punk. Sanksi tegas tersebut berupa cukur langsung di tempat (sekolah). Aturan ketat ini diberlakukan bagi murid/ siswa putra. Sementara bagi siswa putri yang ketahuan tidak memakai jilbab, sanksinya akan dipulangkan.

“Sesuai tata tertib sekolah yang telah disetujui Komite Sekolah SMPN 1 Galis sanksinya jelas. Siswa putra akan dicukur di sekolah jika memiliki model rambut tak selayaknya. Sedangkan siswa putri yang tidak memakai jilbab, akan kita pulangkan,”papar Kasek SMPN1 Galis, Taufikur Rahman kepada maduracorner.com, kamis (26/11/2015).

Meskipun begitu, lanjutnya, sanksi bagi para siswa tersebut diberikan tidak bersifat langsung. Artinya, mereka masih akan diberi peringatan sampai tiga kali. “Namun jika sudah diberi peringatan masih juga bandel, makan baru diambil tindakan oleh guru,”tegas mantan Kasek SMPN 3 Tanah Merah tersebut.

Sementara bagi siswa, sanksi tersebut ternyata dianggap biasa. Seperti yang dialami oleh Subhan Mobarok, salah satu siswa kelas 9 yang harus terkena sanksi cukur rambut. Saat ditanya menganai hal tersebut, dia pun hanya tertawa. “Saya lupa mencukur rambut pak,”ujar Subhan sambil tergelak disambut tawa teman-temannya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia