SMPN-1 Tanjung Bumi Tidak Mewajibkan Siswa Beli Buku Pelajaran Di Sekolah

Tidak ada Keharusan Beli Buku-Buku Pelajaran di Sekolah | Oleh : Aryan

Kasek SMPN 1 Tanjung Bumi,Ruspandi-foto : dokumen mc.

Kasek SMPN 1 Tanjung Bumi,Ruspandi-foto : dokumen mc.

Maduracorner.com,Bangkalan-Marak nya pemberitaan soal keharusan para siswa membeli buku-buku pelajaran di beberapa lembaga pendidikan SD, SMP dan SMA Sederajat akhir-akhir ini di Kabupaten Bangkalan, dibantah keras oleh Kasek SMPN 1 Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi Ruspandi.¬†“Tidak ada keharusan bagi para siswa kami untuk membeli buku-buku pelajaran yang tidak disediakan disekolah. Semua kebijakan sepenuhnya diserahkan kepada orang tua dan Ketua Komite Sekolah begitu juga tidak ada paksaan apalagi sengaja menjual buku – buku pelajaran yang tidak disediakan disekolah. Sama sekali tidak ada dan telah sesuai dengan perintah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Moh Mohni,” terang Kasek SMPN 1 Tanjung Bumi, Ruspandi.

Masalah pembelian buku pelajaran yang berkaitan dengan kebutuhan siswa dikelas masing-masing kata Ruspandi, sangat sensitif sifatnya, oleh sebab itu, pihaknya sama sekali tidak berani mengambil resiko besar. Jika ada buku pelajaran yang dibutuhkan siswa dan sekolah tidak menyediakan, maka pihak sekolah segera berkonsultasi dengan Ketua Komite Sekolah, selanjutnya Kepala Komite Sekolah meneruskan ke wali murid atau orang tua siswa.

“Kalau para wali murid minta tolong ke kami dalam hal membeli buku-buku yang dibutuhkan siswa. Kami akan membantu dengan menelpon penerbit nya dan selanjutnya saya persilahkan para wali murid untuk berhubungan langsung dengan penerbit. Pihak sekolah tidak akan ikut campur agar tidak menimbulkan salah presepsi dan dugaan yang bukan- bukan,” pungkas mantan kasek SMPN 1 Klampis tersebut. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia