Klaim Satu-satunya SMPN Di Madura Yang Sisipkan Ekstra Kurikuler Hadrah

Tampak siswa SMPN 3 Kamal saat berlatih seni musik Hadrah. foto : min/mc.com

Tampak siswa SMPN 3 Kamal saat berlatih seni musik Hadrah. foto : min/mc.com

Ekstra Kurikuler Hadrah| oleh : A. Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan – Pertunjukan seni musik Hadrah mungkin bukan lagi barang asing bagi masyarakat Madura. Terutama di bulan Maulid. Tapi, jika musik Hadrah yang dimainkan oleh siswa SMP negeri, tentu lain cerita.

Seperti yang dilakukan para siswa SMPN 3 Kamal. Mereka membentuk Jam’iyah Hadrah yang seringkali diundang untuk mengisi acara Maulid nabi. Bahkan, sejak enam bulan terakhir grup hadrah ini berlatih secara rutin, khusus untuk menampilkan seni hadrah pada acara-acara keagamaan menyambut datangnya bulan kelahiran Rasul Muhammad SAW.

“Mungkin untuk tingkat SMP, hanya SMPN 3 satu-satunya di Madura yang memiliki group Hadrah,” kata Kepala Sekolah SMPN 3, Madji Hartowo, Senin (28/01).

Dia kemudian menjelaskan, selama bulan Maulid ini Jam’iyah hadrah SMPN 3 Kamal sering diundang tampil dalam acara-acara komite sekolah. “Dikawasan kamal dan Bangkalan hadrah SMPN 3 ini sering tampil,” tutur Madji Hartowo.

Seni hadrah ini, lanjut Madji Hartowo, memang sengaja dipilih sebagai salah satu kegiatan pengembangan siswa ataupun ekstra kurikuler.

“Hadrah ini kan musik Islami,  kita melatih mereka seminggu tiga kali karena latihan hadrah ini termasuk pengembangan diri dan masuk pada ektra kurikuler,” katanya.

Dia juga mengatakan telah mempersiapkan sedikitnya 14 orang siswa dari kelas IX yang dilatih secara khusus untuk mendalami seni musik tersebut. “Ya kami harap, ektra kurikuler hadrah SMPN-3 ini Kamal ini bisa di ikuti oleh sekolah-sekolah lain,” pungkas Madji Hartowo. (min/krs)

Email Autoresponder indonesia