Solar Langka, Nelayan Camplong Jarang Melaut

689 views
tak melaut karena solar langka, nelayan camplong pilih perbaiki jaring. foto : arie/mc.com

tak melaut karena solar langka, nelayan camplong pilih perbaiki jaring. foto : arie/mc.com

 

Kelangkaan Solar Juga Berimbas Sengsarakan Nelayan | oleh : Arie

Maduracorner.com, Sampang-kelangkaan solar juga berimbas para kondisi nelayan di pesisir Camplong Sampang. Mereka mengaku sudah satu bulan jarang ke laut menangkap ikan.

Kesulitan mendapatkan solar tidak hanya dirasakan para sopir dan pemilik kendaraan roda empat yang biasa menggunakan bbm solar, namun para nelayan di pesisir pantai Camplong Sampang juga kesulitan mendapatkan solar untuk mengisi bahan bakar perahu mereka.

Bahkan untuk mendapatkan solar para nelayan harus antri berhari-hari di SPBU, itupun ketika pengiriman solar dari pertamina tiba di SPBU para nelayan hanya dijatah membeli satu jerigen solar.

“Sudah satu bulan pak solar sulit. kalaupun ada, di jatah satu jerigen. jadi kalau solar sudah habis ya tidak kelaut pak,” ujar Matrois, seorang nelayan Camplong, Sampang.

Karena solar sulit didapat, para nelayan sudah satu bulan ini jarang ke laut. Mereka hanya memperbaiki jaring dan memperbaiki bagian perahu yang rusak. Kondisi itu juga diperparah cuaca di tengah laut yang mulai tidak bagus, sehingga praktis nelayan hanya duduk di pantai sambil memperbaiki jaring. Namun para nelayan berharap pemerintah segera melakukan stabilisasi pengiriman solar agar masyarakat kecil tidak semakin menjadi korban.(rie/krs)

Email Autoresponder indonesia