Solar Langka, Ongkos Perahu Penyeberang Ke Pulau Mandangin Bakal Dinaikkan

tampak pelabuhan yang melayani jasa penyeberangna pulau mandangin. foto : arie/mc.com

tampak pelabuhan yang melayani jasa penyeberangna pulau mandangin. foto : arie/mc.com

 

Kelangkaan Solar Picu Kenaikan Jasa Perahu | oleh : arie

Maduracorner, Sampang-Gara-gara solar langka, ongkos penyeberangan perahu penumpang ke pulau Mandangin Sampang akan dinaikkan. Hal itu karena solar semakin sulit didapat, satu-satunya cara adalah dengan menitipkan jerigen di SPBU selama tiga hari.

Untuk mendapatkan solar, pemilik perahu yang biasa menyeberangkan penumpang dari pulau Mandangin ke pelabuhan Tanglok Sampang harus antri selama tiga hari. Mereka menitipkan jerigen di SPBU dan itupun hanya di jatah satu jerigen solar.

Agar kebutuhan solar mencukupi, pemilik perahu menyiasatinya dengan menunggu perahu penuh penumpang baru berangkat. dengan cara ini mereka hanya sekali antar ke pulau Mandangin, sehingga solar bisa di hemat untuk kebutuhan selama tiga hari. Jika solar semakin sulit, apalagi sampai dinaikan, para pemilik perahu yang biasa melayani penyeberangan ke pulau Mandangin Sampang akan menaikan ongkos.

“Solar kan sulit, jadi ke pulau Mandangin akan dinaikan, ya biasanya pulang pergi sepuluh ribu menjadi dua puluh ribu, nanti musyawarah di pos pelabuhan sana,” ujar pemilik perahu, Sonhaji.(rie/krs)

 

Email Autoresponder indonesia