Stadion Gelora Bangkalan Tak Lagi Berfungsi, PAD Sudah Melebih Target?

Maduracorner.com, Bangkalan, Stadion Gelora Bangkalan (SGB) akhir akhir ini seperti bangunan mati tidak berfungsi lagi. Stadion SGB yang kapasitas 15,000+ penonton tersebut dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Meski SGB diresmikan Bupati Bangkalan RKH Fuad Amin pada 18 November 2012. Namun belakangan ini tidak digunakan lagi pasca Madura United bermarkas di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingam (SGMRP) Pamekasan.

Stadion kebanggaan masyarakat Bangkalan itu kini jarang dipakai dalam pertandingan nasional maupun lokal. Dan hanya terlihat di samping stadion aktivitas para penjual kopi.

Anehnya, meski SGB jarang digunakan untuk pertandingan sepak bola, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari SGB tahun ini sudah melampaui target. Hingga pertengahan tahun ini PAD telah mencapai hampir 200 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh sekretaris dinas pemuda dan olahraga, Samsul Maarif. Ia mengaku, PAD dari stadion tersebut telah mencapai Rp 85 juta dari target awal Rp 45 juta.

Angka tersebut dinilai naik signifikan, sebab di tahun 2018 lalu, capaian PAD dari SGB hanya sebesar Rp 25 juta dengan target PAD sama yakni, Rp 45 juta.

“Untuk PAD stadion (SGB,red) pada pertengahan tahun sudah tercapai Rp 85 juta dari target awal Rp 45 juta,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, peningkatan PAD berasal dari sewa gedung stadion dan juga sewa halaman stadion. Namun, tahun ini ia bersyukur meski klub sepak bola Madura United (MU) tak lagi menggunakan SGB untuk latihan, PAD masih dapat dicapai.

“Ya kita berharap pemerintah membuat event nasional yang menggunakan SGB sebagai lokasinya. Agar pendapatan makin meningkat,” pungkasnya (tkn).