Start Dari Pasarean Syaikhona Kholil, Ratusan Pemuda Ansor dan Banser Napak Tilas ke Muktamar NU di Jombang

image

Napak Tilas Pemuda Ansor dan Banser Dari Pasarean Syaikhona Moh Kholil Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – sekitar 400 gabungan anggota GP Ansor dan Banser menggelar napak tilas dari Bangkalan menuju ke lokasi pelaksanaan Muktamar Nahdhatul Ulama’ (NU) di Kabupaten Jombang. Ketua GP Ansor Bangkalan, KH Hasani Zubair melepas para pemuda NU dari Kraksan, Probolinggo dan Bangkalan ini dari halaman masjid Pasarean Syaikhona Mohammad Kholil, kamis (30/7/2015) pagi.

KH Hasani Zubair yang akrab dipanggil Ra Sani, mengatakan napak tilas ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali sejarah berdirinya NU. Termasuk peran Syaikhona Mohammad Kholil yang merupakan guru KH Hasyim Asy’ari, pendiri NU saat itu.

“Ini agar generasi muda NU tidak melupakan sejarahnya sendiri. Karena bagaimana pun, sejarah tentang peran Syaikhona Mohammad Kholil (Bangkalan) berkaitan erat dengan pendirian NU oleh KH Hasyim Asy’ari”,terang Ra Sani kepada maduracorner.com sebelum prosesi napak tilas dilakukan.

Tokoh muda NU Bangkalan ini menceritakan, Syaikhona Mohammad Kholil saat itu menitipkan sebuah tongkat, tasbih, bacaan Al Qur’an dan dzikir kepada KH As’ad yang berasal dari Situbondo untuk disampaikan kepada KH Hasyim Asy’ari di Jombang.

“Hal ini merupakan isyarat dan restu dari Syaikhona Mohammad Kholil untuk KH Hasyim Asy’ari untuk mendirikan NU guna mengawal dan memperkuat aqidah Islam Ahlussunnah Waljama’ah”,tambah Ra Sani.

Pelepasan peserta napak tilas ini pun ditandai dengan penyerahan tongkat dan tasbih serta pesan 9 petisi untuk disampaikan kepada panitia Muktamar NU di Jombang. “Petisi itu sebagai upaya kami sebagai generasi muda NU untuk mengingatkan semua peserta muktamar agar istiqomah membahas dan memperjuangkan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah. Tidak hanya masalah perebutan atau peralihan jabatan saat muktamar”,pungkas kyai muda yang dikenal dekat dengan kalangan jurnalis di Bangkalan ini. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia