Stok Darah Di PMI Sampang Masih Aman

673 views
image

Foto : PNS di lingkungan Pemkab ikuti donor darah

Sampang,Maduracorner.com. Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Sampang hingga satu minggu ke depan aman,  karena  saat ini Unit Donor Darah (UDD) PMI Sampang masih mempunyai stok darah sebanyak 119 kantong.

Dengan rincian golongan darah A sebanyak 15 kantong, golongan darah B, 12 kantong, golongan darah O 79 kantong, golongan darah A/B 13 kantong. Dengan begitu para pasien yang membutuhkan darah belum perlu mencari darah sampai ke daerah luar. Sampang.

“Presentasinya biasanya golongan darah yang paling banyak dicari oleh pasien adalah golongan darah O, golongan darah B, lalu golongan darah A dan golongan darah A/B” kata Humas unit donor darah PMI Sampang, Nurul Qomari. selasa (02/12/2014).

Sejauh ini jenis golongan darah yang sulit di dapat adalah jenis golongan darah A dan AB, sebab pemilik golongan darah jenis tersebut sangat minim.

Selama ini PMI Sampang mendapatkan stok darah melalui kegiatan transfusi dari pendonor kalangan pelajar dan instansi pemerintah serta TNI Polri. Sedangkan pendonor dari kalangan masyarakat umum yang datang langsung ke markas PMI Sampang jalan  Rajawali sangat minim.

“Memang kesadaran masyarakat sampang dalam donor darah sangat rendah, masyarakat berasumsi kalau donor gratis tapi kalau masyarakat yang butuh darah kok bayar. Padahal biaya tersebut untuk proses penyimpanan darah yang hanya bertahan hingga satu bulan serta untuk biaya konsumsi yang masyarakat pendonorkan darahnya”pungkasnya.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia