Sungai Dipenuhi Sampah, Warga Merasa Kesehatannya Terancam

705 views

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Awal musim hujan sepanjang sungai di dekat perumahan Setelit di Desa Kolor Dan Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep, dipenuhi tumpukan kotoran sampah. Akibatnya warga yang dekat sungai merasa kesehatnnya terancam dengan akan timbulnya penyakit dari kotoran sampah tersebut.

Tumpukan sampah yang berada di sepanjang sungai kurang lebih setu kilo meter ini, dekat dengan pemukiman warga Perumahan Satelit di Kecamatan Kota Sumenep. Hingga saat ini dibirkan belum juga dibersihkan, sehingga membuat warga yang dekat sungai merasa kesehatannya terancam.

Pasalnya, kotoran sampah semakin lama tidak dibersihkan akan semakin membusuk dengan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Warga yang dekat dengan sungai kesehariannya semakin merasa tidak nyaman karena terganggu dengan tumpukan sampah tersebut.

“Kami meminta petugas dari pemerintah daerah setempat, segera mengambil langkah untuk mengatasi tumpukan sampah, dengan cara mengangkat sampah lalu dibuang ke tempat akhir pembuangan sampah (TPA), Ungkap Sunojo (73) Ahad (02/12/2018).

Menurutnya, setiap musim hujan, sungai ini menjadi langganan tumpukan sampah yang dibuang ke sungai, lalu terbawa arus hingga ke tampat ini. karena kebanyakan sampah ini datang dari bagian hulu sungai. berhubung untuk warga perumahan Setelit sendiri pembuangan sampah sudah tertib, yaitu dibuang di tempat yang sudah disediakan oleh pihak desa setempat.
“Masyarakat semestinya mulai sadar akan kesehatan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarang ke sungai, karena dampaknya kepada kesehatan utamanya bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan sungai ini,”tandasnya (Sai)

Email Autoresponder indonesia