Susu Kental Manis Dilarang untuk Bayi

357 views

Sumenep, maduracorner.com-Pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyebut susu kental manis (SKM) hanya memiliki sedikit kandungan susu, disikapi dengan santai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. Karena hal itu tidak berbahaya bagi konsumen dewasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dr Fatoni mengatakan, susu kental manis yang marak beredar di pasaran tetap bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Hanya saja pihaknya berharap SKM tidak diberikan kepada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.

“Masyarakat saat ini sudah lebih paham dengan barang-barang yang dikonsumsinya. Karena saat ini informasi sangat mudah diakses melalui media sosial dan pemberitaan di media massa. Tanpa kami melakukan sosialisasi, masyarakat sudah tahu. Kami hanya menginformasikan bahwa susu kental manis tidak untuk dikonsumsi bayi karena bisa mengakibatkan diare,” terangnya, pada awak media.

Fatoni juga mengaku, perilaku masyarakat di Sumenep cukup berbeda dibandingkan daerah lain. Selama ini susu kental manis tidak pernah dikonsumsi untuk balita, jadi anak-anak lebih banyak menggunakan susu bubuk yang dianjurkan dokter.

“Kalau susu kental manis itu kan untuk campuran es atau kue, tidak untuk konsumsi yang sifatnya pemenuhan gizi balita. Kalau di Sumenep yang banyak cuma untuk campuran kopi atau soda. Jadi tidak ada larangan, hanya informasi sedikit mengandung susu untuk pemenuhan gizi,” tandasnya. (Sai)

By Jiddan