Tahun 2016 Laporan Keuangan Pemkab Bangkalan Bisa Diakses Melalui Internet

image

ilustrasi

Bangkalan, maduracorner.com – Mulai tahun 2016 mendatang, laporan keuangan pemerintah kabupaten Bangkalan bisa diakses melalui internet. Pasalnya, sesuai dengan peratuan pemerintah (PP) nomor 71 tahun 2010 tentang standart akuntansi pemerintahan, Laporan Realisasi Anggaran (LRA) harus berbasis akrual dan web.

“Laporan dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), nantinya menggunakan sistem online,”kata Wakil Bupati Bangkalan, Mondir Rofii kepada maduracorner.com, senin (21/12/2015).

Namun demikian, sambung Mondir, untuk tingkat kordinasi masing-masing SKPD dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tetap dilakukan secara offline. Laporan keuangan berbasis akrual ini, terdiri dari penyusunan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan laporan anggaran.

“Semua orang bisa mengakses. Jadi tidak ada alasan lagi kami dibilang tertutup masalah APBD,” imbuh Mondir.

Menurutnya, melalui sistem akrual dapat menilai apakah suatu program telah dilaksanakan secara efisien, dan sesuai dengan anggarannya APBD. Terutama kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan. Kelebihan dari sistem ini, lebih efektif, efisien dan akuntabel. “Semuanya sudah terbuka, dengan harapan pengawasan terhadap penggunaan anggaran semakin baik,” tandasnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia