Tahun Depan Kurikulum 2013 Untuk SD Di Berlakukan Serentak

684 views

SDM Guru Digenjot | Oleh : Aryan

Kasie Kurikulum TK/SD/SDLB Kabupaten Bangkalan, Moh. Ya'kub-foto : Aryan/MC.com

Kasie Kurikulum TK/SD/SDLB Kabupaten Bangkalan, Moh. Ya’kub-foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar (SD) akan diberlakukan secara serentak di 500 lebih SD Negeri di Kabupaten Bangkalan. Kurikulum 2013 itu akan akan dimulai pada tahun ajara baru 2013/2014 sekitar bulan Juli 2014 tahun depan.

Sebelum kurikulum 2013 itu diberlakukan mulai bulan Januari hingga bulan Juni 2014 nanti, Disdik Kabupaten Bangkalan akan menggenjot sumber daya manusia (SDM) ribuan guru SD yang hingga saat ini masih menunggu giliran mengikuti pelatihan berkaitan dengan sistim penerapan kurikulum 2013 disekolah masing-masing.

“Bagi 11 SD yang selama ini dijadikan pilot project atau percontohan sasaran penerapan kurikulum 2013 di Bangkalan, barangkali sudah tidak ada masalah lagi. Karena sudah langsung  diterapkan di kelas I hinga kelas IV dan tahun 2014 tinggal diterapkan di kelas V dan VI,” terangnya.

Sementara ratusan SD yang sudah memiliki nomer pokok sekolah nasional (NPSN) wajib melaksanakan implemenntasi kurikulum 2013, masalah tehnisnya saat ini Kepala Disdik Bangkalan didampingi Kabid TK/SD/ SDLB dan Kabid SMP/SMA/SMK dan Kepala Kemenag Bangkalan tengah menghadiri rapat undangan dari Kepala Disdik Propinsi Jatim untuk membahas pelaksanaan kurikulum 2013 pada tahun 2014 nanti.

“Tugas Disdik sekarang ini adalah menyiapkan SDM guru-guru dan pengawas tentang tehnis penerapan kurikulum 2013, sedangkan pemerintah  pusat menyiapkan dan droping buku-buku pelajar yang dibutuhkan dalam penerapan kurikulum 2013 didaerah,” pungkas Ya’kub. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia