Tahun Ini, Biaya Haji Turun USD 90

699 views
Kepala Kemenag Bangkalan, Amin. foto : agus/mc.com

Kepala Kemenag Bangkalan, Amin. foto : agus/mc.com

Jelang Pemberangkatan Haji 2013 | oleh : Agus

Maduracorner.com,Bangkalan – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemberangkatan  calon jemaah haji kab. Bangkalan 2013/1434 H, Kantor Kementrian Agama Kab. Bangkalan, menggelar Rapat koordinasi BPS BPIH, KUA, KBIH tentang  persiapan pelunasan biaya  haji 2013/1434 H,di aula Kantor Kementrian Agama Kab. Bangkalan, selasa (21/5).

Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Bangkalan,  Drs. Moch. Amin Mahfud mengatakan acara koordinasi ini merupakan rapat dengar pendapat untuk menyamakan pemahaman sehingga ada keseragaman informasi terkait mekanisme pelunasan akhir biaya pemberangkatan haji.

“Peraturan Presiden Pelunasan Pembayaran biaya haji sudah turun, tinggal Pelaksanaannya. Rincian biayanya, totalnya untuk tahun ini  sebesar USD 3.619, atau turun USD 90 dari tahun lalu yang mencapai USD 3.709,” jelas Amin.

Mengenai rentang waktu pelunasan terakhir biaya haji, lanjut Amin, dimulai tanggal 22 Mei 2013 selama satu bulan kedepan. Namun untuk saat ini pihaknya masih perlu mempersiapkan software dan hardwarenya termasuk sosialisasi kepada calon Jemaah haji.

Disisi lain, untuk pengurusan paspor, masih menurut Amin, sebenarnya tidak ada pungutan biaya alias gratis. Tapi karena pihaknya mendatangkan petugas imigrasi dari Surabaya ke Bangkalan, maka  jemaah tetap dikenakan biaya Rp 75.000.

Perlu di ketahui bahwa sementara Jemaah Haji di Kab. Bangkalan 2013 yang masuk porsi tercatat sebanyak 859 orang. “Untuk waiting list di Bangkalan, antrian sudah mencapai hingga tahun 2027, sedang kuota jemaah haji untuk Jawa Timur 33.935,” pungkasnya. (gus/krs)

Email Autoresponder indonesia