Tak Ada Unas, Belasan Ribu Siswa SD Jalani Ujian Sekolah

604 views
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Prama Jaya-foto: Mustofa/MC.com

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Prama Jaya-foto: Mustofa/MC.com

Tiga mata pelajaran wajib harus diikuti |Oleh : Mustofa El Abdy

Maduracorner.com, Pamekasan -Pemerintah menerapkan kebijakan baru dalam menentukan kelulusan khusus siswa tingkat Sekolah Dasar (SD). Bila tahun sebelumnya, siswa SD wajib mengikuti ujian nasional (UN) dan ujian sekolah.

Namun, untuk tahun ini pelaksanaan UN bagi tingkat SD dihapus. Siswa hanya diwajibkan mengikuti Ujian Sekolah. Kebijakan tersebut tak terkecuali diterapkan di Kabupaten Pamekasan.

Di kota gerbang salam itu jumlah siswa yang mengikuti ujian sekolah sebanyak 15.541 anak. Adapun pelaksanaan ujian sekolah sendiri digelar mulai 19 hingga 21 Mei 2014 mendatang.

Dalam ujian yang berlangsung selama tiga hari itu, ada 3 mata ujian wajib yang dibuat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Meliputi mapel Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Prama Jaya mengatakan sebanyak 15.451 siswa itu masing – masing siswa SD sebanyak 10.994 orang, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berjumlah 4.547 orang.

“Sedangkan untuk jumlah penyelenggara tingkat SD berjumlah 462 lembaga. Kemudian untuk MI sebanyak 298 Penyelenggara,” terang Prama, Rabu (14/5).

Ia menjelaskan, peserta ujian sekolah harus mengikuti pelajaran wajib selama tiga hari. Serta naskah soal lainnya yang dibuat sekolah.
Naskah ujian sendiri yang dari Dinas Pendidikan Provinsi sudah berada di Pamekasan.

“Bahkan, naskahnya yang dari Provinsi sudah dilakukan pemilahan. Sementara pendistribusian naskah sendiri dijadwalkan pada Sabtu depan pada 13 rayon yang ada disini,” tandasnya. (top/lam)

Email Autoresponder indonesia