Tak Lunasi BPIH, 57 CJH Asal Bangkalan Gagal Berangkat Haji Tahun ini

57 CJH Tak Lunasi BPIH   | Oleh Nizamuddin

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Abd Hamid-Foto : Nizamuddin/MC.com

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Abd Hamid-Foto : Nizamuddin/MC.com

Maduracorner.com-Bangkalan– Sebanyak 57 orang calon jemaah haji (CJH), asal kabupaten Bangkalan gagal berangkat ke tanah suci Mekah pada musim haji tahun ini. pasalnya, mereka tidak melunasi Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH).

“Ada 57 Orang CJH yang tidak melunasi BPIH hingga batas akhir pelunasan yakni pada tanggal 12 Juni kemarin, secara otomatis mereka gagal berangkat ke Mekkah tahun ini,” terang Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bangkalan, Abd Hamid, Senin (17/06).

dijelaskan Dia, jumlah CJH tahun 865 orang, dan sebanyak 808 telah melunasi BPIH, saat ini  mereka tinggal proses pembuatan paspor, yang akan dimulai Selasa besok dengan mendatangkan petugas Imigrasi Surabaya ke Kantor Kemenag  Bangkalan. “Pembuatan Pasport ini kita tidak memungut baiya dari calon jemaah haji,” jelasnya.

Ditambahkan Hamid, ke 57 Orang CJH yang dinyatakan gagal berangkat itu, 50 orang CJH menunda pemberangkatannya dengan melampirkan surat pernyataan, sementara 3 orang meninggal dunia dan 4 orang mengundurkan diri. ”Untuk daftar tunggu CJH bagi masyarakat yang mendaftar mulai bulan Juni 2013 ini pemberangkatannya masih tahun 2027 mendatang,” ungkapnya.

Disinggung apakah ada CJH asal Bangkalan yang terkena pengurangan kuota haji terkait kebijakan pemerintah Arab Saudi ? pihak Kemenag Bangkalan  belum bisa memastikan. Sebab disamping hal itu berlaku seluruh dunia, dan sampai saat ini belum ada surat resmi dari pusat. (nzm/min).