Tak Sampai Berumur 5 Tahun Gedung SMPN 2 Galis Sudah Rusak Parah

image

Gedung kelas rusak

Bangkalan,Maduracorner.com- Karena dikerjakan asal – asalan 3 gedung di SMPN 2 Galis Kecamatan Galis yang dibangun pada tahun 2010 silam kondisinya sudah  rusak parah. Ke-3 gedung yang rusak itu diantaranya, gedung keterampilan siswa, genteng yang dipakai dengan mutu rendah itu, banyak yang pecah-pecah dan wuwungannya miring, berikutnya gedung laboratorium IPS, plafonnya hancur, pintu dan jendela yang dibuat dari jenis kayu murahan, semuanya hancur dimakan rayap.

Tak kalah ironi, satu bangunan lagi yang terdiri dari. ruang kepala sekolah (kasek), ruang KTU dan guru-guru SMPN 2 Galis, bangunannya sudah miring dan genteng wuwungan atas banyak yang rusak. Tak heran, ketika memasuki musim hujan dan angin kencang seperti sekarang ini.  Barang-barang inventaris sekolah terpaksa diselamatkan dan diungsikan ke ruangan yang aman dan guru-guru tidak berani berada dibangunan yang rusak tersebut,  “Tiga  gedung bangunan yang rusak dan miring itu saat ini hanya tinggal menunggu robohnya saja,” ujar kasek SMPN 2 Galis, Repelita Ayu Winarni melalui KTU SMPN 2 Galis, Arief, Selasa, (13/1/2015).

Dijelaskan dia, sejak 3 gedung itu mengalami kerusakan 2 tahun silam, sudah berkali-kali pihaknya melaporkan ke bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Disdik Bangkalan. Termasuk  hampir disetiap kesempatan yang ada selalu mengajukan bantuan lewat puluhan proposal. Tapi hingga kini belum ada realisasinya. Menurut penjelasan Kasie Sarpras Disdik Bangkalan, yang ada cuma bantuan rehab kelas. “Lantas sampai kapan kami harus menunggu perbaikan 3 gedung itu penuh dengan ketakutan,” keluhnya.  

Sementara itu, Kabid Sapras Disdik Bangkalan, Ahmad Mustaqin saat di konfirmasi soal 3 gedung SMPN2 Galis yang rusak itu. Mengatakan bahwa, untuk tahun 2014 tidak ada petunjuk tehnis (juknis) dan bantuan untuk perbaikan kantor dan gedung lainnya. Yang ada cuma bantuan untuk rehap bangunan kelas.

Tapi kalau tahun 2015 ini, ada juknis bantuan untuk perbaikan kantor dan gedung, 3 gedung yang rusak itu nantinya akan perioritaskan untuk mendapatkan bantuan rehab. “Kalau ada juknisnya, tahun ini, kami bersama para konsultan akan meninjau 3 gedung SMPN 2 Galis yang rusak itu,” kilahnya.

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia