Tak Setor Rekening Kampanye, KPUD Ancam Coret Parpol Dari Peserta Pemilu

Ketua dan Bendahara Parpol diajari bikin Laporan  |  oleh : A.Shohib

 

Nara sumber  dari IAI jatim saat memaparkan materi- foto : A.Shohib/MC.com

Nara sumber dari IAI jatim saat memaparkan materi- foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangkalan mengancam akan mencoret partai Politik (parpol) yang tidak menyetor rekening kampanye sebagai peserta pemilu 2014. “Bagi parpol yang tidak menyetor rekening kampanye, tidak akan kami ikutkan sebagai peserta pemilu,” terang Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar disela-sela acara  Bimbingan tehnis (bimtek) peraturan KPU No 17 tahun 2013, tentang pedoman dana kampanye peserta pemilihan umum, anggota DPR,DPD dan DPRD, Sabtu (07/12).

Dijelaskan dia sampai saat ini dari 12 parpol peserta pemilu, hanya partai Demokrat yang belum menyetorkan rekening kampanye-nya. “Partai democrat yang masih belum, jika sampai batas waktu yang ditentukan yaitu tanggal 2 Maret 2014 belum juga menyetor, maka akan kami coret sebagai peserta pemilu,” jelas Fauzan Jakfar.

Lebih lanjut Fauzan menjelaskan, selain wajib menyetor rekening kampanye, parpol dan caleg juga diwajibkan untuk melaporkan dana kampanye mulai dari penerimaan hingga pengeluaran dana tersebut. “Kalau ada parpol atau caleg yang tidak melaporkan ke KPU, maka caleg parpol tersebut jika nanti terpilih dalam pileg, kami tidak akan mengusulkan untuk dilantik,” katanya.

Oleh sebab itu kata Fauzan, KPUD bangkalan saat ini mengumpulkan ketua dan bendahara parpol untuk diberi bimbingan tehnis  peraturan KPU No 17 tahun 2013, tentang pedoman dana kampanye peserta pemilihan umum, anggota DPR,DPD dan DPRD. “Dalam bimtek ini mereka dibimbing bagimana tehnis dan tatacara membuat laporan dana kampanye,” tuturnya.

Dalam bimtek ini imbuh Fauzan, KPUD Bangkalan menghadirkan nara sumber dari Ikatan Akutan Indonesia (IAI) wilayah jawa Timur. “Pematerinya kita undang IAI Jatim, dan saya harap setelah bimtek ini pimpinan parpol paham tentang penerimaan dan pengeluaran dari laporan dana kampanye masing masing caleg dari parpol yang bersangkuitan,” imbuhnya.

Terpisah Bendahara DPC Partai Demokrat Bangkalan, Rizki mengaku memang belum menyetor rekening dana kampanye. “Ini (belum Setor Rekening Redf) kelalaian kami, namun saya raya belum terlambat dan hari senin besok kami akan buka rekening,” pungkas Rizki. (shb)

Email Autoresponder indonesia