Taman Kota Dipercantik, TPS dan TPA di Bangkalan Juga Perlu Mendapat Perhatian

image

suasana kota Bangkalan

Bangkalan, Maduracorner.com – Setelah gagal meraih penghargaan bergengsi berupa Adipura kategori Kota Kecil 2015, Pemkab Bangkalan saat ini terlihat tengah sibuk mempercantik dan membuat taman baru di beberapa ruas jalan protokol. Diantaranya, taman di pembatas jalan kembar Soekarno – Hatta dan jalan Pemuda Kaffa kota Bangkalan.

Sayangnya, pembuatan taman tersebut mendapat kritikan dari beberapa masyarakat pencinta lingkungan. Mereka meminta jangan hanya taman saja dipercantik. Tapi tempat pembuangan sementara (TPS) dan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah perlu juga mendapat perhatian.

“Percuma hanya mempercantik taman jika TPS dan TPA tidak dibenahi. Karena sampah akan tetap berserakan. Jadi jangan hanya taman kota saja yang dipercantik, tapi TPS dan TPA juga perlu mendapat perhatian lebih. Karena itu menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam penilaian Adipura 2016 nanti”,ujar salah satu pencinta lingkungan, Supardi, warga Kelurahan Pejagan kepada maduracorner.com, minggu (3/1/2016).

Dijelaskan oleh Supardi, fungsi TPS dan TPA saat ini sangat dibutuhkan. Sebab volume sampah di kota maupun di kecamatan sudah sedemikian penuh. Sehingga jumlah TPS dan TPA perlu ditambah. Termasuk armada pengangkut sampah yang jumlahnya belum memenuhi harapan.

“Setidaknya Pemkab Bangkalan punya inisiatif untuk menambah jumlah armada pengangkut sampah yang kerap menjadi rasan-rasan pasukan kuning BLH Bangkalan. Karena kewalahan mengangkut sampah dari TPS ke TPA dengan jumlah armada yang sangat terbatas”,ungkap Supardi.

“Bila kota Bangkalan ingin selalu bersih dan meraih tropy Adipura 2016 nanti, Pemkab Bangkalan harus memberi perhatian lebih dengan menambah armada yang dibutuhkan para pasukan kuning serta membenahi kondisi TPS maupun TPA,papar Supardi lagi. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia