Tanam Padi Massal, 150 Personel Kodim 0829/Bangkalan Dikerahkan

Anggota Kodim 0829/Bangkalan saat tanam padi massal di Desa Langkap, Kecamatan Burneh.


Bangkalan, maduracorner.com – Kodim 0829/Bangkalan mengerahkan sebanyak 150 personel untuk tanam padi massal di atas lahan seluas 50 hektar di Desa Langkap Kecamatan Burneh. Tanam padi massal tersebut demi mewujudkan program swasembada pangan. 

“Kita tutup masa tanam yang sekarang dengan tanam padi secara serentak dan massif di lahan-lahan yang masih kosong,” jelas Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, Rabu (24/5/2017).

Menurutnya, sebelum program swasembada pangan itu terwujud, berbagai upaya khusus penanaman padi akan terus diperjuangkan. Sejauh ini, grafik pencapaian apa yang menjadi target pimpinan menunjukan angka peningkatan signifikan. 

“Kita punya target periodesasi 6 bulanan yakni Oktobet-Maret dan April-September. Selain itu juga target harian. Target tersebut yang menjadi acuan dalam bekerja,” papar Istanto sapaan akrabnya.

Dijelaskan pada periode Oktober-Maret kemarin target luas tanam di Bangkalan yang ditetapkan 36 ribu hektar. Sedangkan pencapaiannya 38 ribu hektar. Sementara untuk periode April-September memiliki target 18 ribu hektar. Hal itu berkaitan dengan dengan musim dan ketersediaan air. 

“Periode April-September ini sudah 73 untuk mencapai target luas tanam,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bangkalan Abdullah Fanani mengatakan lahan seluas 50 hektar yang ditanami padi ini sangat produktif dan didukung ketersediaan air yang mencukupi. 

“Pola tanamnya juga sudah modern sehingga target-target yang telah ditentukan akan tercapai,” ucapnya. (*)

Penulis : Heriyanto Ahmad

Editor: Achmad

Posting Terkait