Tanaman Mentimun Jadi Andalan Petani Desa Ko’ol

765 views

Mentimun | oleh Sumaryanto

Tanaman Mentimun Jadi Andalan Petani Desa Ko’ol.-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Buah mentimun saat ini menjadi primadona andalan dikalangan petani di desa Ko’ol kecamatan Klampis. Mereka yang mempunyai lahan berstatus sawah tadah hujan banyak ditanami mentimun. “Terbatasnya persedian air pada saat musim kemarau seperti sekarang ini, petani didesa ini banyak yang banting setir dengan menanami lahannya dengan bibit mentimun,” terang Sahrawi kepada  MC.com. Senin (05/11/2012).

Dijelaskan, petani lebih memilih mentimun karena selaian saat ini harga menjanjikan, menanamnya mentimun juga sangat mudah dan tidak perlu pengawasan secara terus menarus seperti menanam bibit padi.

Selain itu kata Sahrawi, tanaman mentimun tidak terlalu terpangaruh dengan pergantian iklim, tanaman ini cukup disiram satu kali dalam sehari selama dua minggu, selama 45 hari mentimun sudah bisa dipanen. “Harga buah mentimun dipasaran sekarang ini per kilogramnya antara Rp. 30 ribu – Rp. 45 ribu, makanya tak perlu heran jika, petani di desa ini atau petani yang memiliki lahan berdekatan dengan jalan raya, banyak meniru kesuksesan yang diraih suami saya,’  kata istri Sahrawi

Hal senada disampaikan Matningwar yang juga sama – sama menanami lahannya dengan biji mentimun. Menurut dia, pemasaran mentimun tidak perlu susah – susah karena banyak para tengkulak yang membeli langsung kesawah petani pada saat sedang panen mentimun. “Petani menjual perlikogramnya dengan harga antara Rp.25 ribu – Rp.35 ribu, karena mereka beli ditempat dengan sistim borongan,” ujar Matningwar.

Soal kebutuhan air yang dipakai untuk menyirami bibit tanaman mentimun pada musim kemarau ini, menurut mereka tidak pernah ada masalah, karena tanaman mentimun tidak memerlukan air yang terlalu banyak. Sebagian besar petani yang melakukan aktifitasnya diseputar sawah pinggiran jalan raya kecamatan Kelampis tersebut banyak yang sudah membuat sumur bor dilahan milik pribadi. Lengkap dengan mesin pompa penyedot air dan ratusan meter selang berdiameter 15 – 20 centimeter. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia