Tanaman Tak Berguna Antarkan Kecamatan Modung sebagai Juara Umum

image

Bangkalan,Maduracorner.com– tidak disangka,  Tanaman Sorgum putih yang selama ini dianggap masyarakat tidak berguna dan hanya dijadikan makanan ternak, ternyata bisa mengatarkan kecamatan Modung sebagai juara umum  dalam  festival olahan pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) yang digelar pemkab Bangkalan dalam rangka peringatan Hari Krida ke 42 dan hari jadi kabupaten Bangkalan. Ke 483 yang digelar dihalaman pendopo Raden Pratanu, Rabu (01/10/2014).

Ketua tim penggerak PKK kecamatan  Modung, Enny Agustina Lanang menjelaskan, pihaknya menampilkan  tanaman Sorgum dalam lomba produk unggulan pertanian, lomba cipta menu dan olahan pangan itu, kerena selama ini tanaman sorgum ini tidak berguna dan hanya dibuat makanan ternak.”Karena selama ini dinilai tidak berguna, maka saya bertekad mengankat tanaman sorgum ini pada lomba ini,” jelasnya.

Dijelaskan  Enny Agustina Lanang, tanaman sorgum ini dulu waktu zaman perang kemerdekaan dikonsumsi oleh masyarakat, namun setelah perang kemerdekaan tanaman ini hanya dijadikan makanan ternak. “Makanya tanaman sorgum yang merupakan potensi daerah ini kami angkat, dan Alhamdulillah menang,” terangnya.

Padahal Enny Agustina Lanang,tanaman Sorgum ketika diproses dan dijadikan produk olahan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. “Tepung Sorgum ini bisa diolah menjadi kue kering dan kuwe basah. Ingat lho, Sorgum ini  banyak mengandung  protein dan kandungan gizi-nya tinggi,  dan salah satu manfaatnya Sorgum ini bisa menurunkan gula darah,” katanya.

Sementara itu, Camat Modung, Lanang Bara Muslim mengatakan, karena tanaman sorgum ini banyak manfaatnyan maka tanaman yang ada sejak zaman penjajahan itu telah dikembangkan di  5 desa antara lain: desa suwa’an, Neroh, Lang Panggeng dan desa Serabih  Barat.

Penulis. : Anto
Editor.  : Sohib

Email Autoresponder indonesia