Tanaman Tembakau di Pamekasan Mulai Diserang Hama Ulat

652 views
Tanaman Tembakau di Pamekasan Mulai Diserang Hama Ulat-foto: Mustofa/MC.com

Tanaman Tembakau di Pamekasan Mulai Diserang Hama Ulat-foto: Mustofa/MC.com

Tetap menyerang meski sudah disemprot pestisida | Oleh : Mustofa El Abdy

Maduracorner.com, Pamekasan – Sejumlah tanaman tembakau milik petani di Kabupaten Pamekasan mulai diserang hama ulat sehingga mengakibatkan daun tembakau rusak dan berlubang. Salah satunya di Dusun Krojah, Desa Klampar, Kecamatan Proppo Pamekasan.

Abd. Rahim, salah satu petani di desa tersebut mengungkapkan, hama ulat mulai menyerang sejak satu bulan terakhir. Dan setiap hari ulat tetap menyerang meskipun sudah dilakukan pencegahan dengan cara dibuang maupun disemprot dengan menggunakan obat pembasmi hama ulat.

“Hampir setiap hari pasti ditemukan ulat yang memakan daun tembakau, padahal sudah saya buang dan saya semprot dengan pestisida,” keluh Rahem, Sabtu (28/6).

Menurut Rahim, jika itu dibiarkan maka dikhawatirkan akan merusak semua tanaman tembakaunya yang berjumlah 30 ribu tanaman tersebut. Bahkan juga akan menyebar ke tanaman tembakau warga lainnya. Sehingga dia berharap agar Pemerintah setempat memberikan solusi.

“Saya dan warga lainnya sudah kewalahan menghadapi hama ulat ini, sehingga saya berharap pemerintah bisa membantu kami,” harapnya.

Rahim menambahkan, jika yang demikian tetap terjadi dan tidak segera diantisipasi maka dia dan petani lainnya akan mengalami kerugian cukup besar. Padahal mereka hanya bergantung kepada tanaman tembakau dalam mendulang hasil cukup besar dan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.(top/lam)

Email Autoresponder indonesia