Tanda Seseorang Meninggal Husnul Khotimah

671 views
Akhir kehidupan yang baik. By : An
405296_516795808343707_93512769_n
Maduracorner.com.Bangkalan – Setiap orang tentunya menginginkan sebuah akhir kehidupan yang baik. Ia ingin ketika maut datang menjemput, tetap berada dalam Iman dan Islam. Lalu apa sajakah tanda seseorang meninggal dengan husnul khatimah (akhir yang baik)?

1. MENYEBUT KALIMAT TAUHID MENJELANG AJAL.
Rasulullah SAW Bersabda :”Barang siapa yang di akhir hayatnya mengucapkan La Ilaha Illallah (tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah kecuali Allah SWT), maka ia masuk surga.”(H.R. Abu Dawud).

2. KENING / DAHINYA BERKERINGAT.
Rasulullah SAW Bersabda :”Meninggalnya seorang Mukmin ditandai dengan keluarnya keringat di dahinya.”(H.R. Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah).

3. MENINGGAL PADA MALAM JUM’AT ATAU SIANG HARINYA.
Rasulullah SAW Bersabda :”Tidaklah seorang Muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau malamnya, melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah siksa kubur.”(H.R. Tirmidzi).

4. MATI SYAHID.
Rasulullah SAW Bersabda :”Ada lima macam mati syahid yakni disebabkan wabah (Al-Math’un), sakit perut ( Al-Mabthun), karam atau tenggelam (Al-Ghariq), tertimpa tanah runtuh (Shahibul Hadm), dan syahid dalam perang (jihad) di jalan Allah. (H.R. Bukhari – Muslim).

Itulah diantara tanda-tanda meninggal dunia secara husnul khatimah yang disebutkan oleh Rasul panutan kita, Nabi Muhammad SAW.

Mudah-mudahan kelak kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah (akhir yang baik), yakni golongan orang-orang yang memperoleh hakikat kebahagiaan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.
Aamiin..

Email Autoresponder indonesia