Tangkapan Nelayan Minim, Harga Ikan Laut Melambung

706 views
penjualan ikan di pasar TB-foto: Aryan/MC.com

penjualan ikan di pasar TB-foto: Aryan/MC.com

Gelombang besar, Nelayan banyak Yang tidak melaut | Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan-Masyarakat Tanjung Bumi mengeluhkan mahalnya harga ikan laut yang biasa dijual di depan pasar tradisional Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi. Kenaikan harga ikan tersebut dipicu minim nya tangkapan nelayan beberapa hari belakangan yang diakibatkan oleh besarnya gelombang dilaut yang mencapai 2 meter lebih. Sehingga puluhan nelayan memutuskan istirahat melaut dan hanya nelayan tertentu yang sudah berpengalaman berani menangkap ikan yang nekat melaut.

Lokasinyapun tidak terlalu ketengah hanya dalam radius antara 300-500 meter dari bibir pantai. “Selain tidak ada pilihan lagi, harga ikan laut saat ini naik drastis mas. Ikan yang panjangnya 10 cm, dalam 10 ekor biasanya Rp 5 ribu kini naik menjadi Rp 10 ribu. Ikan paling besar dan berukuran 30 cm biasany Rp 5 ribu naik menjadi Rp 10/ekor,” ujar Muslimah warga Desa Paseseh kecamatan Tanjung Bumi, Jum’at, (22/11).

Tanda-tanda naiknya harga ikan itu, lanjut Muslimah, sudah terlihat dari jumlah istri nelayan yang biasa berjualan dan mangkal di depan pasar, jika jumlahnya isteri nelayan itu sangat sedikit, praktis, harga ikan naik.

“Biasanya, kalau tangkapan ikan normal, puluhan istri nelayan berjejer berjualan didepan pasar ini. Tapi saat ini hanya ada sekitar 6 istri nelayan yang menjajakan ikannya dan jumlah tangkapannyapun terbatas,” pungkas Muslimah. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia