Tempat Tambang Galian C di Desa Jeddih Ditutup Sementara

969 views
Muspida sidak tambang galian C-foto: Aryan/ MC.com

Muspida sidak tambang galian C-foto: Aryan/ MC.com

Bangkalan,Maduracorner.com-Tempat usaha tambang galian C di Desa Jeddih Kecamatan Socah yang selama ini ditengarai belum mempunyai  izin operasi ditutup sementara. Penutupan tersebut di maksudkan agar para pemilik tambang galian C mengurus izin operasinya  sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku. “Hari ini kita (pemerintah kabupaten) Bangkalan masih memberi toleransi kepada para pengusaha tambang galian C untuk tetap beroperasi, tapi mulai besok ditutup dan lusa Sabtu, (1/11/2014) akan kita akan adakan pertemuan antara  Muspida dan  pengusaha tambang galian C di Desa Jeddih, Sanggra Agung Kecamatan Socah dan Desa Morumbuh Kecamatan Kwanyar di pendopo agung Bangkalan,” ujar Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad, Kamis, (30/10/2014).

Dijelaskan dia, hari ini Bupati Bangkalan bersama Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan beserta Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Muspida Bangkalan, Kajari Bangkalan, Kepala PN Bangkalan dan Dan Lanal Batu poron bersama pejabat teras lainnya dilingkungan Pemkab.Bangkalan melakukan sidak  dibeberapa usaha galian C sebagai sampel  dan melihat langsung dilapangan sumber daya alam berupa tambang galian C di Desa Jedih, Sanggra Agung Kecamatan Socah dan Desa Morumbuh Kecamatan Kwanyar.

Langkah selanjutnya bagi para penambang yang belum memiliki izin galian C tersebut  diundang untuk diajak musyawarah dipendopo agung Bangkalan. Tujuannya tiada lain, disamping menertibkan usaha galian C juga diminta kepada mereka agar mengikuti aturan main yang ada dengan mengurus izin usahanya terlebih dahulu dan sama sekali tidak ada maksud untuk mematikan usaha tambang yang telah ada. Namun semata – mata untuk saling mengisi dan saling berkoordinasi antara pihak pemkab.Bangkalan dengan pengusaha galian C.”Harapan kita agar pengusaha tambang galian C mematuhi aturan main yang ada,” tandas Bupati Momon.

Kapolres Bangkalan, AKBP Sulistiyono mengatakan akan menertibkan dan memasang tanda larangan di lokasi  pengusaha tambang galian C yang belum mengurus izinnya. Hingga digelarnya pertemuan antara Bupati Bangkalan, Muspida Bangkalan dengan para pengusaha tambang galian C di Kecamatan Socah dan Kwanyar. “Kami memberi kesempatan kepada mereka untuk mengurus izin usahanya, baru kita cabut tanda larangan beroperasi dilokasi usaha tambangnya,”

Sementara itu, salah satu pemilik usaha tambang galian C di Desa Jeddih, Mawardi mengatakan siap mematuhi aturan dan izin usahanya. “Saya siap mematuhi aturan yang ada dan berkaitan dengan usaha tambang galian C,” pungkas Mawardi kepada sejumlah awak media.

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

 

Email Autoresponder indonesia