Terendam Banjir Setinggi 1 Meter, Petani Desa Telang Panen Lebih Awal

Petani Rugi Jutaan Rupiah | Oleh : Aryan

 

sawah di desa Telang yang terendam banjir-foto : Aryan/MC,.com

sawah di desa Telang yang terendam banjir-foto : Aryan/MC,.com

Maduracorner.com,Bangkalan- Karena terendam banjir setinggi 1 Meter, para Petani di desa telang kecamatan Kamal  melakukan panen lebih awal. Tanaman padi yang diperkirakan tinggal 12 hari lagi dipanen itu terpaksa di panen, akibatnya petani setempat mengalami kerugian jutaan rupiah.

“Hujan yang turun selama 2 hari ini, telah membuat tanaman padi siap kami yang siap panen rusak,  karena terendam air setinggi 1 meter, ya agar tidak terllau rugi terpaksa saya panen walaupun belum waktunya,” kata Hambali (48) salah seorang petani warga desa Telang, Minggu, (22/12).

Di jelaskan dia, sebenarnya waktu panen tinggal 12 hari lagi, akan tetapi karena kuwatir hujan deras akan turun lagi, akhirnya setelah banjir surut dan ketinggian air saat ini telah mencapai 50 cm, dia bersama puluhan petani lainnya terpaksa melakukan panen dini.

Selain menimpa tanaman padi yang sudah siap panen, banjir juga merendam beberapa sawah petani didusun tetangga yang baru seminggu menanam padi. Tak pelak, benih padi yang baru saja ditanam banyak yang hanyut terbawa air. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia