Tergerus Aliran Sungai, Jembatan di Kangean Nyaris Putus

194 views

Warga Pulau Kangen Sumenep bersama petugas membuat jembatan darurat. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Setelah diguyur hujan selama satu jam, jembatan yang mengubungkan Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Kangayan, Pulau Kengean Sumenep, Madura, Jawa Timur, nyaris putus. Jembatan penghubung dua kecamatan ini, tergerus derasnya aliran sungai.

“Jembatan yang nyaris putus itu berada di Desa Torjek, Kecamatan Kangayan,” ungkap Camat Kangayan, Husen, Selasa (12/02/2019).

Menurutnya, hujan deras yang melanda Kecamatan Kangayan terjadi sekitar pukul 02.00 hingga 03.00 WIB, dini hari kemarin. Akibatnya, air meluber ke jalan-jalan, bahkan ke permukiman warga.

“Sejak itu jembatan sedikit demi sedikit terkikis sehingga tidak bisa dilewati roda empat,” kata Husen.

Untuk menghindari jatuhnya korban, kata dia pemerintah pesa setempat dan pihak Polsek memberi rambu-rambu agar kendaraan pikup dan truk tidak melintasi jembatan.

”Sejumlah pihak bersama masyarakat membuat jembatan darurat, mengingat jembatan itu merupakan jalan poros yang menghubungkan antar kecamatan,” imbuhnya.

Husen menjelaskan, membuat jembatan darurat menjadi pilihan alternatif. Minimal, bisa dilewati pikup agar aktivitas perekonomian warga tidak tersendat.

“Truk masih belum bisa lewat, karena butuh perbaikan secara total,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Esitor: Riyan Mahesa