Terjangkit Leptospirosis, Dua Warga Dirawat di RSUD

832 views
image

Terjangkit Leptospirosis, Dua Warga Dirawat di RSUD

Sampang, maduracorner.com – Dampak banjir beberapa hari lalu menyebabkan dua warga Sampang terjangkit Leptospirosis atau virus dari kencing tikus. Keduanya bernama Sagira (65) warga Desa Pandiangan Kecamatan Robatal dan Slamet (40) warga Desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang.

Kini keduanya menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sampang, Senin (07/03/2016). Namun di ruangan berbeda, Slamet dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) sedangkan Sagira dirawat di kamar Dahlia nomor 4.

“Kami tetap melakukan pengawasan dan observasi di ICU. Kalau sudah stabil akan dikembalikan ke ruang Dahlia,” terang Humas RSUD Sampang, Yuliono.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) P2PK Dinkes Sampang Farid Wadjdi Bil Faqih menuturkan, pihaknya sudah melakukan Epidimiologis (PE) terhadap pasien leptospirosis bernama Slamet. Setelah melakukan tes serum khusus, diketahui bahwa Slamet positif terjangkit leptospirosis.

“Slamet diperkirakan terinfeksi leptospirosis pada hari Sabtu 27 Februari lalu. Selanjutnya pada hari Kamis mengalami gejala demam dan dan myalgia (linu dan nyeri). Baru pada hari Senin malam kemarin dibawa ke RSUD (Sampang),” jelas Farid.

Farid menerangkan, leptospirosis tidak hanya disebabkan dari virus yang dibawa tikus namun juga dari binatang lainnya, seperti kelinci. (aji)

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia