Terjunkan 10 Kapal Saat Lebaran

653 views
Ilustrasi

Ilustrasi

Antisipasi Mudik Lebaran | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep -Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat lebaran nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, menyiapkan 10 kapal untuk mengangkut para pemudik.

Angka tersebut mengalami penambahan armada dibandingkan hari biasa. Pada kondisi normal yang dioperasikan hanya 7 kapal. Pasalnya, tidak terjadi lonjakan penumpang. Melainkan jumlah penumpang yang kapal masih wajar.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, M.C. Argoto menjelaskan, mengacu pada lebaran tahun sebelumnya, memang sering terjadi lonjakan penumpang.

“Dengan kondisi itulah, kami mengajukan kembali tambahan armada untuk angkutan lebaran,” kata Argoto, Rabu (14/5).

Meurutnya, jumlah armada yang akan beroperasi selama lebaran, diperkirakan mencapai 10 armada. Ke 10 armada tersebut meliputi 3 kapal tambahan, 3 kapal perintis berupa KM Amukti Palapa, Sabuk Nusantara 27, dan Asia Satu. Disusul 4 kapal reguler.

Untuk kapal reguler terdiri dari kapal DBS I, kapal milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) berupa KM Kartika dan Satya Kencana, serta kapal cepat. Dengan adanya penambahan armada ketika lebaran nanti, dipastikan tidak akan ada lagi penumpang yang keleleran.

“Kami pastikan dengan penambahan armada pada angkutan lebaran, tidak akan ada lagi pemandangan penumpang kapal hingga melebihi kapasitas (over load) seperti yang terjadi tahun lalu,” ungkapnya.

Setiap menjelang lebaran sering terjadi lonjakan penumpang antara 10-15 persen. Namun ketika ada penambahan armada, seperti mudik gratis, jumlah penumpang menurun hingga 5 persen.

“Jadi, penambahan armada laut memang dibutuhkan apalagi menjelang angkutan lebaran,” pungkasnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia