Terkesan Tebang Pilih, ForSiS Bangkalan Datangi Kejaksaan

1124 views
image

pertemuan tokoh aktivis dan kajari Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Forum Silaturahmi Steakholder (ForSiS) Kabupaten Bangkalan, mendatangai kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Senin (10/8/2015). Mereka menilai penegakan hukum selama ini masih kurang serius dan terkesan tebang pilih.

“Masyarakat menilai permasalahan penegakan hukum masih sangat lemah dan kurang serius,” kata Kordinator ForSiS, KH. Ali Ridho ketika berdialog dengan unsur pimpinan Kejaksaan Bangkalan.

Menurutnya, penegakan hukum yang berpegang teguh pada prinsip keadilan ini sangat berperan penting dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang lebih baik dan menjadi pintu utama untuk mensejahterakan rakyat. “Jangan ada perbedaan dalam penegakan hukum antara pejabat dan rakyat kecil,” imbuhnya.

Sementara, H. Yasin Marseli sebagai perwakilan dari pengusaha berharap kejari lebih serius dan proaktif. Sejarah mencatat yang diproses oleh kejaksaan hanya rakyat-rakyat kecil yang bermasalah, sedangkan para pejabat terkesan dibiarkan saja.
“Saya siap memberikan data, tolong ditebus dosa-dosa kejaksaan yang dulu. Sudah saatnya kinerja yang tidak benar itu diakhiri,” tegas H. Yasin.

Bisa dikatakan sambung H. Yasin penegakan hukum di Bangkalan sangat buruk, para pejabat jarang tersentuh hukum yang notabene tingkat korupsinya luar biasa.
“Target 1 bulan kejaksaan harus ada perbuatan yang nyata. Kalau tidak kami tidak akan tinggal diam,” ancamnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Bangkalan, Joeli Soelistiyanto, SH.MH menyampaikan pihak nya menampung semua laporan yang masuk ke kejaksaan termasuk dari kalangan LSM. Namun, kadang fakta dilapangan tidak sesuai dengan laporan.
“Sebisa mungkin informasi yang diberikan disertai data akurat untuk mempermudah dalam proses penyelidikan,” jelasnya. (hery)

Penulis : Heriyanto
Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia