Tersedia puluhan Ribu Hektar Lahan Untuk Tanaman Tebu

674 views

Lahan Tebu | oleh Amin Sohib

Tersedia puluhan Ribu Hektar Lahan Untuk Tanaman Tebu-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan- Saat ini dikabupaten bangkalan ada sekitar 43 ribu lahan yang siap untuk ditanami tebu. Ribuan hektar lahan tersebut tersebar di 18 kecamatan di kabupaten Bangkalan. “Lahan untuk tanaman tebu ini tidak menganggu terhdapa lahan produktif untuk tanaman padi,” terang Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bangkalan, Abd Razak, Selasa (20/11).

Dijelaskan dia, jika program pemerintah pusat yang membutuhkan 4 ribu hektar untuk pengembangan tanaman tebu di Madura dilaksanakan, maka kabupaten Bangkalan siap untuk melaksanakan program yang menngunakan dana APBN tersebut. “Jadi lahan untuk pengembangan tanaman tebu di sini (Kabupaten Bangkalan Red) terhampas luas,” tutur Abd Razak.

Lebih lanjut Abd Razak menjelaskan, pada tahun 2012 ini, pemkab Bangkalan telah menanam tebu seluas 2500 hektar. Dan sudah dilakukan panen dengan hasil yang memuaskan. Sebab sete;lah disetor ke PTPN, rendemen tebu asal kabupaten Bangkalan dinyatakan sangat bagus.

Selain lahan 43 ribu hektar yang siap ditanami tebu, kata Abd Razak, pemkab Bangkalan masih memiliki lahan kritis seluas 49 ribu Hektar. Lahan kritis tersebut nanti juga akan dipersiapkan untuk untuk pelaksanaan 2 program APBN dalam pengembangan tebu di Madura. (min)

Email Autoresponder indonesia