Tertibkan Pemberangkatan Jema’ah Haji, CJH Dari Kecamatan Di Lepas Muspika

Pelepasan CJH tahun 2013 Lebih Tertib  |   Oleh :Aryan

 

Suasana pelepasan dan pemberangkatan CJH Bangkalan 2013 - foto : Aryan/Mc.com

Suasana pelepasan dan pemberangkatan CJH Bangkalan 2013 – foto : Aryan/Mc.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Untuk menertibkan pemberangkatan calon Jemaah haji, CJH yang dari kecamatan lepas oleh masing-masing Muspika. “Itu sebabnya mengapa pemberangkatan CJH Bangkalan tahun 2013 ini lebih tertib,” terang Kasie Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Abdul Hamid, kepada MC.com,Minggu,(29/9).

Menurut dia, tertibnya pemberangkatan CJH Bangkalan tahun ini tidak terlepas dari pengaturan CJH yang berasal 18 kecamatan di Bangkalan itu dibuat sedemikian praktis. Artinya, sebelum dikumpulkan menjadi satu dan dilepas secara resmi oleh Bupati Bangkalan di depan masjid Agung Bangkalan. Terlebih dahulu para CJH yang berasal dari kecamatan masing – masing dilepas oleh Camat dan Muspika Kecamatan setempat kemudian baru diberangkat kan menjadi satu di kota Bangkalan.

Sementara itu, untuk para pengantar CJH kecamatan yang pada tahun sebelumnya mencapai ribuan orang, lanjut Hamid, saat ini jumlahnya tidak lebih 500 orang. Karena kebanyakan para pengantar CJH ditingkat kecamatan langsung pulang. Sedangkan yang ikut mengantar CJH hingga ke kota Bangkalan merupakan saudara dekat dan handaitulan yang tinggal dikota Bangkalan. “Pengantar para CJH dari kecamatan menyusut separuh lebih jika dibandingkan dengan tahun lalu dan yang mengantar hingga ke kota Bangkalan kebanyakan famili terdekat,” pungkas Abdul Hamid. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia