Tiga Rumah Terancam Roboh Akibat Longsor

816 views
image

Tiga Rumah Terancam Roboh Akibat Longsor

Sampang, maduracorner.com – Longsor yang terjadi di Dusun Butmuning Desa Tobai Barat Kecamatan Sokobenah Kabupaten Sampang, Membuat warga yang berada di sekitar tebing menjadi khawatir.

Pasalnya, tiga rumah warga yang berada  sekitar tebing terancam roboh apabila terjadi longsor susulan. Sebab, jarak pemukiman warga dengan bibir tebing yang longsor hanya 2 meter.

“Tidak ada korban jiwa cuma warga khawatir ada longsor susulan, soalnya jarak dengan pemukiman sangat dekat,” ujar warga setempat, Said dengan nada khawatir, Kamis (24/03/2016).

Selain mengancam pemukiman warga, longsor juga mengakibatkan akses jalan terganggu dengan adanya material tanah dan batu yang dibawa longsor. Guna menghindari longsor susulan, warga bergotong-royong memperbaiki tebing yang longsor dengan alat seadanya. Warga berharap, Pemerintah turun tangan membantu perbaikan tebing guna menghindari jatuhnya korban jiwa.

“Dua tahun lalu tebing yang longsor ini pernah diberi plengsengan dari dana swadaya masyarakat, Karena tidak pernah disentuh Pemerintah. Maka  kami berharap pemerintah kali ini turun tangan membantu,” harap Said.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Wisnu Hartono saat dikonfirmasi MC, mengaku belum mendapat laporan terjadinya longsor. Pihaknya juga belum bisa melakukan tindakan sebelum adanya laporan.

“Makanya Kepala Desanya harus melapor ke Camat kemudian pihak Camat akan melapor ke Bupati. Kalau longsor itu berhubungan atau mempengaruhi jalan, tembusannya ke  BPBD dan pihak terkait, jadi kami tidak bisa bertindak tampa adanya disposisi dari Bupati,” singkat Wisnu. (aji)

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia