Tim Rukyat Tidak Melihat Hilal

580 views
kepala Kemenag Moh. Amin. foto : aryan/mc.com

kepala Kemenag Moh. Amin. foto : aryan/mc.com

Hilal Isyarat Awal Ramadhan Tak Terlihat | oleh : Ahmad Oebbad dan Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – Senin (8/7) sore tadi, tim rukyatul hilal yang memantau di pantai gebang Bangkalan, disimpulkan tidak melihat  hilal, baik secara kasat mata maupun dengan peralatan canggih. Dengan begitu, maka ketentuan awal puasa diserahkan sepenuhnya kepada Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pengamatan hilal, yang dipusatkan di pantai gebang Bangkalan serta dihadiri perwakilan ulama dari empat kabupaten di Madura, berkesimpulan tidak melihat hilal. Padahal cuaca sore tadi sangat terang.

Menurut kepala kementerian agama kabupaten Bangkalan, Mohammad Amin, pihaknya tidak bisa menentukan awal puasa, karena lokasi pengamatan dilakukan di seluruh Indonesia. Sehingga penentuan awal puasa, diserahkan kepada kementerian Agama Republik Indonesia.

“Di pantai Gebang ini, tim rukyat tidak melihat hilal. Itu berarti awal Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013, tapi ini sifatnya belum final sebab pihak kami masih harus menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan oleh Kemenag RI,” terangnya.(oeb/yan/krs)

 

Email Autoresponder indonesia