Timsel Tegaskan Tak Ada Larangan Anggota Parpol Daftar Calon Komisioner KI

image

Timsel Saat Merilis Daftar Calon Komisioner KI Kepada Wartawan

Bangkalan,maduracorner.com – Tim Seleksi (timsel) calon komisioner Komisi Informasi (KI) kembali menegaskan, bahwa memang tak ada larangan bagi kader partai politik untuk mendaftarkan diri, sekaligus mengikuti seleksi. Penegasan ini mengacu pada peraturan perundang-undangan mengenai proses seleksi calon komisioner.

“Mengacu pada Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, memang tidak ada larangan kader parpol mengikuti seleksi,”ujar Ketua Timsel KI Kabupaten Bangkalan, M Syafi’ kepada maduracorner.com, rabu (13/5/2015) pagi.

Namun jika kader tersebut dinyatakan lolos dalam fit and proper test, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri sebagai kader parpol sebelum dilantik menjadi komisioner KI. Sebab, dalam aturannya komisioner KI tidak diperkenankan merangkap jabatan atau bekerja di badan publik.

“Itu harus (mundur). Apalagi sejak awal mereka mendaftar, memang sudah kita minta agar mereka menandatangani surat kesediaan mundur tersebut”,ungkap Syafi’. “Dan apabila nantinya setelah dilantik ternyata belum mengundurkan diri, konsekuensinya adalah gugur dan digantikan oleh peserta yang lain,”tegasnya.

Sesuai dengan data pendaftar yang masuk, terdapat tiga peserta yang merupakan kader parpol. Yakni, Agus Budi Harijanto dari PDI Perjuangan, Ani Rustiani dari partai Demokrat dan Muzammil dari Hanura.

“Kami belum tau mereka sudah mengundurkan diri atau tidak, karena memang dalam berkas pendaftaran tidak menyebutkan kader partai atau tidak. Namun, hal itu bisa diketahui saat uji publik atau penilaian masyarakat pada tanggal 20-27 Mei mendatang,”pungkasnya. (her/mad)

Penulis: Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia