Tingkat Konsumsi Ikan di Pamekasan Belum Capai Target

676 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Tingkat konsumsi ikan di Pamekasan Jawa Timur mulai mengalami peningkatan sejak tahun 2014, namun belum memenuhi target nasional.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pamekasan, Nurul Widiastutik mengatakan tingkat konsumsi ikan Pamekasan masih 31 kilogram perkapita pertahun.

“Tingkat konsumsi ikan masih 31 kg perkapita pertahun, tapi belum mencapai target nasional 40 kg perkapita pertahun,” kata Nurul, Senin (21/12/2015).

Kendati demikian kata Nurul, tingkat konsumsi ikan Pamekasan masih cukup bagus untuk wilayah Provinsi Jawa Timur karena mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun 2014 lalu konsumsi ikan masih 28 kg perkapita pertahun, sekarang sudah naik menjadi 31 kg perkapita pertahun,” imbuh Nurul.

Dikatakan Nurul tingkat konsumsi ikan yang rendah di Pamekasan berada di wilayah yang jauh dari lautan. Artinya konsumsi ikan masih didominasi oleh masyarakat wilayah pesisir.

“Kalau di wilayah pesisir, setiap hari masyarakatnya pasti makan ikan,” imbuh Nurul.

Sementara untuk meningkatkan konsumsi ikan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dengan sosialisasi Gemarikan maupun peningkatan produksi ikan.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.        Editor : Altsaqib