Tingkatkan Kapasitas SDM, Panwascam di Bangkalan Dibekali Pelatihan

Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), bagi seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dan sekretariatan, Selasa (29/1/2019).

Pelatihan yang dihadiri Bawaslu RI, dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur tersebut, dalam rangka memantapkan pemahaman regulasi, demi terwujudnya demokrasi yang jujur dan berkualitas dalam pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

“Melalui kegiatan ini, panwascam se Kabupaten Bangkalan diharapkan semakin siap untuk mengawasi masa kampanye, dan masa tenang,” ujar anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja usai memberikan pelatihan di Hotel Ningrat Bangkalan.

Menurutnya, penguatan pengetahuan tentang Undang-Undang sangat penting dilakukan. Sebab, pemahaman terhadap segala bentuk peraturan menjadi bekal dalam pengawasan. Terutama, ketika mengatasi segala permasalahan yang ditemukan saat masa kampanye.

“Panwascam juga memikili tugas melakukan pelatihan saksi, dan pelatihan pengawas di tempat pemungutan suara (TPS),” imbuhnya.

Rahmat memaparkan, pelatihan saksi dari partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 baru kali ini dilakukan oleh panwascam. Teknisnya, pelatihan saksi tersebut rencananya digelar secara bergelombang, dan diberikan video tutorial.

“Kami berharap saksi yang dikirimkan adalah saksi yang mengawasi di TPS. Jangan sampai saksi yang bertugas di TPS, bukan saksi yang sudah dilatih,” tutur anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja. (*)

Email Autoresponder indonesia