Tingkatkan Kualitas Kader, IPNU IPPNU Tanah Merah Gelar LAKMUD

Bangkalan, maduracorner.com, Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud), Kamis-Ahad (14-16/1/2021) di Pondok Pesantren Nurul Cholii III Desa Batangan.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PCNU Bangkalan KH. Muhammad Makki Nasir, sekaligus membuka kegiatan
Lakmud PAC IPNU-IPPNU Tanah Merah. Kamis, (14/1).

Ketua PCNU Bangkalan KH. Muhammad Makki Nasir menyampaikan, kepada generasi muda hari ini harus menjadi pelopor, membawa perubahan yang lebih baik dan positif untuk menunjang kemampuan yang lebih produktif.

“Dimasa digitalisasi ini, kita harus tetap memperjuangkan nilai-nilai keagamaan serta kebangsaan yakni dengan cara bijak dalam bermedia sosial ,seperti mencegah dan melawan hoax yang kini sering beredar,” ujarnya.

Dia juga berharap pemuda dan remaja khususnya kader IPNU-IPPNU Tanah Merah, juga bijak menggunakan media tekhnologi sesuai dengan porsi kebutuhan revolusi industri 4.0. Lebih tepat guna dan tepat sasaran dalam bermedia sosial dan tidak terlibat penyebaran ujaran kebencian dan berita hoaks.

“Dalam menyikapi perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini, kita harus memiliki keterampilan mengecek dan menganalisa kebenaran fakta di balik informasi tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, ajaran yang tidak terorganisir arah serta kepastiannya jangan sampai kita terpengaruh oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ajaran yang belum jelas dengan baik, sehingga nilainya masih mentah dan belum layak untuk dikonsumsi, bahkan memungkinkan dapat dimanfaatkan oleh oknum tertentu dalam menggerakkan massa yang mengatasnamakan agama dan cenderung Radikal,” ungkap Ra Makki sapaan akrab ketua PCNU Bangkalan.

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Tanah Merah Abdul Latif menyampaikan, Kaderisasi merupakan salah satu misi penting dalam mencetak penggerak motor organisasi demi mencapai suatu tujuan yang mulia.

Menurutnya, IPNU-IPPNU merupakan Kader termuda dari NU yang diharapkan dapat meneruskan cita-cita Masyayikh terdahulunya, serta menjadi pejuang tangguh generasi berikutnya dalam perjuangan menegakkan prinsip ASWAJA (Ahlussunnah Wal Jamaah).

Rekan Latif berpesan, bagi peserta Lakmud untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan kaderisasi ini.

“Karena jika kalian menganggap ini forum biasa saja, maka kalian akan keluar dengan biasa saja, jika kalian menganggap forum ini luar biasa, maka kalian akan keluar dengan luar biasa” Ucapnya.

Ia menambahkan, eksistensi kader di masyarakat alumni lakmus menjadi harapan dari rekan Latif.

“Kader alumni LAKMUD IPNU-IPPNU Tanah Merah tidak boleh mnjadi kader yang mubadzir, alumni Lakmud harus menjadi agen perubahan di tengah tengah masyarakat untuk menjawab permasalahan yang ada tanpa meninggalkan kultur yang sudah ada, baik di bidang pendidikan, Sosial dan Ekonomi” pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan lakmud PAC IPNU-IPPNU Tanah Merah dihadiri oleh, MWCNU Tanah Merah, PR NU, Muslimat NU, dan Fatayat NU. (Ris)

Email Autoresponder indonesia